Kompresi Basisdata Graph Menggunakan Power Graph Analysis

Fauzi Aulia Rahman

Informasi Dasar

113070335
518.172
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Basisdata Graph adalah basisdata yang menggunakan stuktur graph dengan node dan edge untuk menyimpan data. Dalam basisdata graph, setiap relasi direpresentasikan dengan suatu edge yang menghubungkan node-node yang berelasi. Hal ini membuat pencarian terhadap suatu data dapat dilakukan secara traversal, sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat. Namun, keberadaan edge untuk merepresentasikan setiap hubungan antara dua buah node ini menyebabkan ukuran basisdata graph menjadi besar. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dibahas suatu metode untuk untuk mengkompresi basisdata graph agar dapat merepresentasikan data dengan jumlah edge yang lebih sedikit.
Pada penelitian ini, metode Power Graph Analysis digunakan untuk mengompresi basisdata graph yang berisi data kolaborasi antar penulis jurnal ilmiah. Metode ini merubah suatu graph menjadi Power Graph, yang tidak merepresentasikan data dengan node dan edge lagi, melainkan power node dan power edge yang membentuk gugusan biclique, clique, dan stars. Power node merupakan sekumpulan node yang memiliki kesamaan tetangga, dicari dengan menggunakan metode Complete Linkage Hierarchical Clustering yang jarak antar clusternya dihitung berdasarkan Jaccard Index. Power node yang berhubungan dengan suatu power node lain dihubungkan dengan sebuah power edge. Power edge ditentukan dengan melakukan pencarian secara greedy terhadap hubungan antar power node yang mengabstraksi edge paling banyak.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kompresi graph menjadi power graph dapat mengurangi jumlah edge hingga 82%, dengan conversion rate 24,92 dan database compression rate 74,17%. graph database, compression, power graph analysis, complete linkage hierachical clustering, jaccard index, scientific journal authors

Subjek

Graph - algorithms
 

Katalog

Kompresi Basisdata Graph Menggunakan Power Graph Analysis
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fauzi Aulia Rahman
Perorangan
Kemas Rahmat Saleh W., S.T., M.Eng.; Alfian Akbar Gozali, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini