USULAN PERBAIKAN DESAIN KEMASAN PRODUK ABON JAMUR PADA UKM KENCANA MAS MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

Suci Kemala Fatimah

Informasi Dasar

112101230
658.56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

A bon jamur merupakan salah satu produk makanan olahan yang digemari karena manfaat dan gizi yang dikandungnya . Persaingan bisnis semakin ketat dengan hadirnya berbagai UKM pesaing yang juga mengelola makanan olahan abon jamur. Saat ini, UKM Kencana Mas belu m mampu bersaing dan meningkatkan ekspansi pasar karena terkendala oleh kemasan produk yang belum memenuhi sta ndar kemasan dan kebutuhan pelanggan . Oleh karena itu, UKM Kencana Mas perlu melakukan perbaikan desain kemasan sehingga dapat menciptakan suatu k emasan yang memberikan daya tarik dan jaminan kualitas dari produk abon jamur yang dikemas
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan desain kemasan abon jamur menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Pemilihan metode QF D didasarkan pada keterlibatan pelanggan dalam proses perbaikan desain kemasan sehingga memberikan jaminan kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan dengan me wawancara i pelanggan, penyusunan Voice of Customer , penyebaran kuesioner, perhitungan GAP, penentua n karakteristik teknis, pembuatan matriks House of Quality , pengembangan konsep rancangan, penentuan part specification , pembuatan matriks Part Deployment , dan visualisasi rancanga n.
Rancangan perbaikan desain kemasan yang dihasilkan berbahan aluminium fo il, berbentuk standing pouch dengan kombinasi warna kuning dan coklat, menggunakan font tulisan Sans Serif, posisi informasi produk pada bagian depan dan belakang kemasan, serta menggunakan penutup kemasan zipper lock .
perancangan, kemasan, Qu ality Function Deployment , QFD

Subjek

PACKAGING
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN DESAIN KEMASAN PRODUK ABON JAMUR PADA UKM KENCANA MAS MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Suci Kemala Fatimah
Perorangan
Muhammad Iqbal, ST., MM; Sari Wulandari, ST ,. MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini