Perancangan Monitoring, Controlling, Event and Data Logging System Secara Realtime Untuk Otomatisasi Pengendalian Proses Bottling Plant Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di PT. XYZ

Rusdi Rahman

Informasi Dasar

112090055
607.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi mendorong bertumbuhnya industri di Indonesia, khususnya industri manufaktur. Semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem berbasis otomasi dalam aktifitas produksinya dikarenakan banyaknya permintaan pasar. Tanpa terkecuali perusahaan air minum dalam kemasan, memerlukan sistem yang mampu bekerja secara otomatis untuk menjaga kebersihan dan akurasi keseragaman produknya. Masalah yang ada adalah pada umumnya perusahaan melakukan pemantauan secara langsung terhadap plant sehingga memerlukan waktu yang lebih untuk melakukan pemantauan, masalah lainnya timbul dari pendataan produk yang dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang terlalu lama.
Metode penelitian dimulai dengan tahap pengumpulan data, pada tahap ini data-data yang diperlukan dikumpulkan dengan mengobservasi pada penelitian sebelumnya. Diperoleh data berupa hasil rancangan user requirement specification dan data berupa tagname PLC. Selanjutnya dilakukan perancangan sistem berdasarkan URS sebagai acuan pengerjaan dan tagname PLC untuk komunikasi perangkat. Perancangan sistem dimulai dengan merancang skenario program, struktur HMI, merancang interface, scripting, pembuatan database, dan komunikasi. Ketiga, Lakukan pengujian pada sistem.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Perancangan monitoring, controlling, event and data logging system secara realtime pada stasiun kerja filling, sorting, dan stacking berbasis SCADA dilakukan agar semua proses produksi dapat terpantau dan mudah untuk diawasi. Proses diawali dengan pengisian air pada botol sang kemudian diberikan tutup, dilanjutkan dengan memisahkan botol 330ml dengan botol 600ml yang selanjutnya akan diberikan label pada masing-masing botol, kemudian botol akan ditata berdasarkan jumlah yang telah ditetapkan sehingga dapat dimasukan kedalam kardus. Hasil pantauan stasiun kerja dapat ditampilkan secara realtime dan secara otomatis akan tercatat pada database yang telah dibuat. Pelaporan data yang ditampilkan berupa jumlah botol yang masuk tiap jamnya, jumlah botol 330ml, jumlah botol 600ml dan jumlah botol total. dan juga dilakukan pencatatan terhadap alarm pada sistem sehingga dapat diperbaiki.
otomatisasi, Human Machine Interface, SCADA, database, ODBC

Subjek

System - analis
Skripsi, KARYA ILMIAH, Thesis & disertation,

Katalog

Perancangan Monitoring, Controlling, Event and Data Logging System Secara Realtime Untuk Otomatisasi Pengendalian Proses Bottling Plant Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di PT. XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rusdi Rahman
Perorangan
Haris Rachmat, ST., MT; Denny Sukma Eka Atmaja, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini