PERANCANGAN PEMANTAUAN SISTEM OTOMATISASI PENGOLAHAN COKELAT COVERTURE SONJA CHOCHOLATE FACTORY MENGGUNAKAN SCADA YANG DILENGKAPI FASILITAS RECIPE MANAGER

Robby Indra Setiawan

Informasi Dasar

112090015
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sonja Chocolate Factory (SCF) adalah industri rumahan yang memproduksi coklat converture. industri rumahan ini sub kontrak dari salah satu perusahaan pengolahan cokelat terbesar indonesia. Karena industri rumahan teknologi yang digunakan juga masih menggunakan tenaga manusia untuk memproduksi coklat ini. Permintaan konsumen yang setiap tahunnya bertambah mengharuskan industri rumahan ini meningkatkan teknologinya terutama dalam sistem pengendalian produksinya. Salah satu pengendalian yang efektif adalah dengan menggunakan Programmable Logic Controllers (PLC). Namun masalahnya adalah apabila meningkatkan produksi maka semakin meningkat pula kerumitan data untuk mengontrol dan menganalisa data pada saat produksi berlangsung.

Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan peloporan data yang akurat serta harus bisa mengendalikan dan mengcontrol secara langsung plant produksi dengan menggunakan program SupervisoryControlAndDataAcquisition (SCADA) yang dilengkapi dengan Recipe Manager, Pada penelitian ini memanfaat tiga stasiun kerja Mixing, Tempering, dan Molding. Proses pertama yang dilakukan adalah RecipeManager yaitu menginputkan recipe yang akan dibuat, menginputkan jumlah produksi yang akan dibuat, menginputkan waktu proses yang akan dibuat, serta menginputkan suhu pada masing-masing proses Mixing, Tempering, dan Molding. Kemudian Proses Mixing yaitu pencampuran kedelapan bahan baku kedalam ballmilltank. Setelah itu proses Temper yaitu pengaturan suhu yang berfungsi agar coklat bisa membeku pada saat pencetakan. Selanjutnya proses Molding pencetakan coklat jadi dan dikemas setiap 1 kg coklat. Proses pemantauan stasiun kerja menghasilkan peloporan data secara otomatis tersimpan pada Microsoft Access.

Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa perancangan otomatisasi pada stasiun kerja Mixing, Tempering, dan Molding menggunakan SCADA dilengkapi RecipeManager berhasil dirancang. Dengan adanya pemantauan stasiun kerja dari jarak jauh akan mempermudah operator dalam memantau stasiun kerja terutama mempermudah operator dalam melakukan trouble shooting serta proses akuisisi data semakin akurat selain itu operator dapat mengubah recipe sesuai dengan komposisi bahan yang diminta dan akan langsung memproduksi sesuai recipe yang diinginkan.

: Database, HMI, ODBC, Otomatisasi,Recipe Manager, SCADA

Subjek

Skripsi
Skripsi, KARYA ILMIAH, Thesis & disertation,

Katalog

PERANCANGAN PEMANTAUAN SISTEM OTOMATISASI PENGOLAHAN COKELAT COVERTURE SONJA CHOCHOLATE FACTORY MENGGUNAKAN SCADA YANG DILENGKAPI FASILITAS RECIPE MANAGER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Robby Indra Setiawan
Perorangan
Haris Rahmat ST., MT; Denny Sukma Eka Atmaja, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini