ANALISIS PREFERENSI LAYANAN JASA Delima PT TELKOM MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN DI KOTA DAN KABUPATEN BANDUNG

Alan Budi Nurhady

Informasi Dasar

112080214
025.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan ekonomi di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan, hal ini didasari oleh pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi yang mendukung di dalam sistem perekonomian Indonesia. Perkembangan ekonomi tersebut tentunya memacu peningkatan peredaran uang di masyarakat, peningkatan peredaran uang ini menciptakan suatu layanan pengiriman uang non-bank yang mendukung dalam proses perdagangan.

PT. Telkom Tbk melihat peluang usaha pada bidang pengiriman uang, dan terciptalah layanan pengiriman uang Delima (delivery money access) yang berada dalam naungan PT.Telkom Tbk. Saat ini sudah mencapai 87 perusahaan penyedia layanan pengiriman uang di Indonesia. Market share Delima saat ini sebesar 7% dari target pasar 70% masyarakat kelas bawah. Hal Ini menunjukan pentingnya untuk melakukan penelitian tentang preferensi konsumen Delima, agar layanan pengiriman uang sesuai dengan preferensi yang diharapkan oleh konsumen Delima.

Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang layanan pengiriman uang Delima dengan menggunakan metode conjoint analysis terhadap preferensi konsumen. Atribut dan stimuli harus dirancang terlebih dahulu dalam metode ini. Dalam perancangan stimuli, atribut harus ditentukan terlebih dahulu melalui studi literatur atau wawancara pada perusahaan dan focus group discussion pada konsumen Delima Telkom. Dari hasil wawancara dan focus group discussion tersebut terdapat 5 atribut yakni formulir aplikasi, akses lokasi cashpoint, keamanan pelanggan, feature, dan harga per sekali kirim Rp.1 – Rp.500.000. Kelima atribut tersebut menggunakan orthoplan pada spss untuk mendapatkan 16 rancangan stimuli dari setiap level atribut tersebut. Responden diminta merangkingkan dari 1 hingga 16 dari mulai stimuli yang disukai. Hasil rangking diolah menggunakan spss dengan metode conjoint analysis didapatkan preferensi konsumen.

Dari 16 stimuli tersebut terdapat 3 stimuli yang memiliki nilai utilitas terbesar menjadi preferensi dari konsumen. Stimuli pertama yakni pengisian formulir aplikasi cukup mengisikan identitas lengkap dan nomor handphone tanpa menuliskan ciri fisik, akses lokasi cashpoint dekat, keamanan data pelanggan cukup dengan sms notifikasi dan kode transfer, kemudian feature dalam sistem aplikasi berbasis on line, harga sekali kirim Rp.1 – Rp.500.00 dengan biaya Rp. 12.500. Tiga stimuli yang memiliki nilai utilitas tertinggi digunakan untuk rekomendasi perusahaan layanan pengiriman uang Delima untuk menciptakan suatu layanan pengiriman uang yang sesuai dengan preferensi konsumen. Layanan pengiriman uang Delima yang sesuai dengan preferensi konsumen tentunya akan meningkatkan jumlah konsumen pengguna layanan pengiriman uang Delima. Sehingga Delima dapat bersaing dan dapat menjadi market leader dalam bidang layanan pengiriman uang, yang tentunya akan menimbulkan benefit bagi perusahan penyelenggara layanan pengiriman uang Delima yakni PT Telkom Tbk. preferensi, pengiriman uang, conjoint analysis, Delima.

Subjek

SERVICE
 

Katalog

ANALISIS PREFERENSI LAYANAN JASA Delima PT TELKOM MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN DI KOTA DAN KABUPATEN BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alan Budi Nurhady
Perorangan
Nurul Hermina, M. Dellarosawati I,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini