Usulan Perbaikan Sistem Antrian Pada Bengkel Tunas Jaya MOtor Terusan Buah Batu Debgab Menggunakan Model Teori Antrian

Muhamad Mukti Pradana

Informasi Dasar

112070124
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK
Tunas Jaya Motor (TJM) Terusan Buah Batu merupakan salah satu bengkel bersertifikasi AHASS di Bandung Selatan yang memberikan jasa pelayanan perbaikan kendaraan sepeda motor dengan merek Honda. Dalam menjalani usahanya, bengkel ini dihadapkan pada permasalahan tidak tercapainya target jumlah rata-rata pelanggan pada setiap bulannya.Hal ini perlu mendapatkan perhatian karena dapat menyebabkan TJM Terusan Buah Batu mengalami kerugian.Salah satu faktor yang dapat menyebabkan tidak tercapainya jumlah rata-rata yang telah ditetapkan AHASS adalah belum tepatnya sistem antrian yang ada pada bengkel TJM Terusan Buaha Batu.
Data yang diperlukan untuk penelitian ini adalah data waktu kedatangan antar pelanggan dan data waktu pelayanan yang nanti akan diidentifikasi apakah bentuk distribusi dari data-data tersebut. Setelah itu akan dilakukan simulasi menggunakan ProModel dengan beberapa skenario. Dari setiap skenario akan diperlihatkan berapa jumlah rata-rata pelanggan yang dapat dilayani, biaya ongkos operasional yang dikeluarkan, dan berapa pendapatan yang diperoleh. Sehingga dari bebarapa skenario tersebut dipilih suatu skenario yang jumlah mekanik yang dapat mencapai target jumlah rata-rata pelanggan yang telah ditetapkan oleh AHASS dan yang memberikan keuntungan lebih banyak kepada pihak perusahaan.
Penelitian ini memperlihatkan bahwa bentuk distribusi kedatangan antar pelanggan di bengkel TJM Terusan Buah Batu berdistribusi eksponensial dengan nilai 0,24 jam per motor sedangkan bentuk distribusi waktu pelayanan berdistribusi eksponensial dengan nilai 0,81 jam per motor. Berdasarkan pertimbangan jumlah pelanggan yang dapat dilayani, ongkos–ongkos yang dikeluarkan dan banyaknya laba bersih yang diperoleh, jumlah mekanik yang optimal adalah 6 mekanik dengan nilai laba bersih Rp. 53.316.279,24 per bulan. Kata kunci : Model Keputusan Teori Antrian, Uji Distribusi Data, Promodel, Model Ongkos.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Usulan Perbaikan Sistem Antrian Pada Bengkel Tunas Jaya MOtor Terusan Buah Batu Debgab Menggunakan Model Teori Antrian
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhamad Mukti Pradana
Perorangan
Amelia Kurniawati ,ST., MT.; Murni Dwi Astuti, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini