ANALISIS PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE LOT SIZING STUDI KASUS PT KUKUH TANGGUH SANDANG MILLS (KTSM)

ANDREAS JOSUA NOVAN

Informasi Dasar

112060107
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Kukuh Tangguh Sandang Milis (KTSM) merupakan suatu perusahaan yang memproduksi kain dimana dalam proses produksinya meliputi pemintalan, penenunan dan penyempurnaan benang menjadi kain jadi. Dalam operasinya, proses produksi dilakukan berdasarkan jumlah dan jenis pesanan yang berbeda pada setiap perioda. Pada proses produksi sering terjadi kekurangan bahan baku dimana bahan baku tersebut merupakan salah satu prasyarat agar proses produksi dapat berjalan lancar. Hal ini dikarenakan oleh perencanaan produksi yang belum terlalu baik.
Metode Lot Sizing merupakan salah satu fundamen penting dalam suatu sistem rencana kebutuhan bahan baku. Pemakaian maupun pemilihan teknik lot sizing yang tepat dengan keadaan perusahaan akan membantu dalam melakukan efisiensi rencana kebutuhan bahan sehingga memperoleh hasil yang memuaskan.
Pada tahap awal dilakukan peramalan untuk memperkirakan permintaan yang terjadi di masa yang akan datang. Kemudian ditentukan metode lot sizing yang paling sesuai dengan kondisi perusahaan. MRP merupakan metode yang digunakan untuk perencanaan, pengendalian dan pengelolaan persedian item barang yang tergantung pada item-item tingat yang lebih tinggi.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan metode lot sizing yang terbaik adalah dengan menggunakan metode wagner within dimana tingkat efisiensi yang didapatkan ketika menggunakan metode ini adalah sebesar Rp 263.168.397,22 atau sebesar 0,77%.
Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku, lot sizing, wagner within

Subjek

Analysis and design
 

Katalog

ANALISIS PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE LOT SIZING STUDI KASUS PT KUKUH TANGGUH SANDANG MILLS (KTSM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDREAS JOSUA NOVAN
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti; Rd. Rohmat Saedudin, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini