PERANCANGAN RUANG KERJA DOSEN DI INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI

NANDA ADIYA PRADANA

Informasi Dasar

112060063
720.28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ruang kerja dosen Institut Teknologi Telkom merupakan salah satu elemen pendukung kegiatan belajar. Selain berfungsi sebagai tempat dosen bekerja, ruang ini juga dapat dijadikan tempat untuk berkonsultasi bagi mahasiswa di saat perwalian, dan melakukan bimbingan tugas akhir. Ruang kerja dosen menjadi salah satu poin penilaian pada Pedoman Penilaian Borang Akreditasi Program Studi Jenjang S1 oleh BAN-PT. Hanya satu dari empat buah fakultas yang masuk kedalam kategori baik, yaitu Fakultas Teknik Informatika dengan perolehan poin sebesar 3,2 dari skala 4. Dilihat dari kondisi infrastuktur yang ada sekarang, dosen melakukan aktivitasnya menggunakan stasiun kerja berbasis komputer atau Visual Display Terminal (VDT).

Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan dengan melakukan pengukuran kondisi lingkungan kerja fisik dan VDT evaluation checklist, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ruang kerja dosen IT Telkom kurang ergonomis. Terbukti dengan 51.61% dari sampel populasi memiliki suhu ruang lebih dari 280C pada saat siang hari, ??96,77% dari sampel populasi memiliki tingkat pencahyaan <500 lux, dan 43.76% dari sampel yang diwawancarai menyatakan “tidak” atau dengan kata lain mengindikasikan bahwa ruang kerja dosen di IT Telkom perlu dilakukan perbaikan.

Metode perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perancangan rasional. Langkah-langkah perancangan dengan metode rasional adalah Clarifying Objectives, Establishing Function, Setting Requirements, Determining Characteristics, Generating Alternatives, Evaluating Alternatives, dan Improving Details.

Spesifikasi VDT yang dirancang adalah rangka VDT berbahan dasar baja, kursi berbentuk portable, meja didesain agar dapat digunakan baik untuk bekerja dan kegiatan berkomputer dan bersifat stackable, bantalan kursi yang sedang, pelapis bantalan berupa karet, dan bahan meja terbuat dari kayu jati.

Ukuran yang dirancang sesuai dengan data anthropometry sampel populasi pengguna, yaitu dengan tinggi alas kursi yang dapat disesuaikan, dengan interval 38,5-46 cm, lebar alas kursi 41,5 cm, panjang alas kursi dapat disesuaikan, dengan range 40,5-51 cm, tinggi sandaran lengan 23 cm, panjang sandaran lengan 31 cm, lebar sandaran lengan 7 cm, jarak antar sandaran lengan 40,5 cm, tinggi sandaran kursi 51 cm, lebar sandaran kursi 34 cm. Ruang Kerja, Visual Display Terminal (VDT), Ergonomi, Lingkungan Kerja Fisik, Metode Perancangan Rasional, Anthropometry.

Subjek

ARCHITECTURE DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN RUANG KERJA DOSEN DI INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NANDA ADIYA PRADANA
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir., MT.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini