Penjadwalan Produksi Job Shop Dengan Menggunakan Metode Shifting Bottleneck Heuristic (Studi Kasus:PT.Goodrich PINDAD ASI)

Priambodo Adi Wicaksono

Informasi Dasar

112051075
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Goodrich PINDAD ASI bergerak dalam bidang pembuatan komponen – komponen aerospace. Beberapa perusahaan terkemuka menjadi salah satu pelanggan part pesawat produksi mereka yaitu dari perusahaan produsen pesawat Boeing dan Airbus.

Perusahaan membagi lantai produksinya dalam tujuh cell, dimana setiap cell mempunyai produk yang berbeda-beda untuk diproduksi. Penelitian ini sendiri dilakukan di cell 6. Cell 6 mempunyai tugas untuk melakukan proses produksi dari tiga jenis part yang dipesan oleh pelanggan PT. Goodrich PINDAD. Part-part tersebut adalah Piston Rod, Centre Rod, dan Actuator Body.

Dalam melakukan produksi terdapat masalah–masalah yang mengakibatkan hambatan bagi perusahaan untuk menyelesaikan pesanan mereka secara tepat waktu. Hal ini ditunjukkan oleh kinerja pada cell 6 yang kurang maksimal. Meninjau bahwa job yang datang pada waktu bersamaan memiliki jumlah yang banyak, maka hal tersebut berpotensi untuk terbentuknya bottleneck pada beberapa mesin sehingga menyebabkan lebih banyaknya idle time. Ditambah lagi dengan urutan job yang kurang efektif sehingga membuat waktu siklus dari produksi menjadi lebih panjang. Hal ini menyebabkan waktu penyelesaian seluruh produksi (makespan) menjadi lebih panjang.

Berdasarkan kasus yang terjadi tersebut maka di dalam penelitian Tugas Akhir ini akan diberikan alternatif metode penjadwalan produksi dengan melakukan penerapan Metode Shifting Bottleneck Heuristic dalam penjadwalan dengan tujuan untuk melakukan pergeseran bottleneck sehingga idle time dari mesin berkurang dan pada akhirnya dapat mengurangi waktu makespan sehingga perusahaan dapat menyelesaikan pesanan mereka secara tepat waktu. Masalah keterlambatan penyelesaian order tersebut bisa berdampak pada masalah finansial pada perusahaan. Perusahaan customer tidak akan membayar ke PT.Goodrich PINDAD secara utuh apabila pesanan yang diselesaikan tidak sesuai target.

Metode Shifting Bottleneck Heuristic yang diwujudkan dalam penjadwalan produksi cell 6 mampu memberikan peningkatan terhadap kinerja lantai produksi. Dibandingkan dengan metode perusahaan, tingkat utilisasi mesin naik sebesar 5,4% kemudian makespan juga menjadi lebih minimum sebanyak 9,86% dari 32228 menit menjadi 29048 menit.

Penjadwalan Produksi, Job Shop, Metode Shifting Bottleneck Heuristic

Subjek

PRODUCTION
 

Katalog

Penjadwalan Produksi Job Shop Dengan Menggunakan Metode Shifting Bottleneck Heuristic (Studi Kasus:PT.Goodrich PINDAD ASI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Priambodo Adi Wicaksono
Perorangan
Dida Diah Damayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini