APLIKASI ANT COLONY SYSTEM UNTUK TRAVELLING SALESMAN PROBLEM

HAVEA PERTIWI

Informasi Dasar

112050118
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Travelling Salesman Problem (TSP) adalah suatu permasalahan klasik mengenai pencarian rute yang optimal untuk sejumlah n kota, dengan aturan bahwa setiap kota harus dikunjungi tepat satu kali kecuali kota awal. Optimalisasi yang dimaksud disini yaitu dilihat dari sisi jarak.
Banyak alternatif-alternatif rute yang mungkin yaitu berjumlah permutatif terhadap N diperoleh dari persamaan (N-1)!/2. Misalnya jumlah kota yang akan didatangi sejumlah 15 kota (N=15) maka akan didapatkan rute alternatif sekitar 653.837.184.000 rute. Untuk N=70 maka rute alternatif yang akan diseleksi sekitar 8.556*1097 rute. Hal ini berarti bahwa untuk N besar, ukuran masalah juga membesar secara supereksponensial.
Banyak metode heuristik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan TSP, salah satunya yaitu Ant Colony System (ACS). ACS merupakan bagian dari Ant Colony Optimization, yaitu algoritma yang terinspirasi dari tingkah laku semut di dunia nyata pada saat proses pencarian makan.
Dalam proses perhitungannya, ACS terdiri dari tiga fase utama yaitu fase inisialisai, pembentukkan tur, dan fase update global. Pada saat proses pemilihan ruas yang dilaluinya semut sangat dipengaruhi oleh intensitas pheromone dan juga oleh jarak antar ruas. Dimana pheromone tersebut digunakan sebagai alat komunikasi secara tidak langsung. Semakin tinggi intensitas pheromone pada ruas tersebut maka semakin besar probabilitas ruas tersebut untuk dilewati atau dipilih.
Karena metode ACS merupakan metode heuristik, maka tidak ada jaminan bahwa solusi yang dihasilkan benar-benar optimal. Namun metode ini banyak dipilih karena waktu dan biaya yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan metode yang bukan heuristik.
Untuk hasil dari penyelesaian dengan menggunakan metode Ant Colony System juga akan dibandingkan dengan hasil dari metode-metode yaitu Simulated Annealing, Teori Nearest Neighbour by 2-Opt dan Teori Interaksi Gani.
ant colony, ACS, TSP

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

APLIKASI ANT COLONY SYSTEM UNTUK TRAVELLING SALESMAN PROBLEM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAVEA PERTIWI
Perorangan
ANANG ZAINI GANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini