Audit Pemanfaatan Teknologi Informasi dengan Menggunakan COBIT di Telkom Research and Development Center

Rizky Suminar Harum

Informasi Dasar

112040092
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telkom Research and Development Center merupakan unit organisasi yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan dukungan dan layanan riset dan pengembangan di organisasi Telkom. Didalamnya terdapat bagian Data and IT Support yang bertanggung jawab atas pengelolaan teknologi informasi dalam RDC. Terdapat permasalahan-permasalahan yang timbul dalam RDC seperti adanya ketidakpuasan terhadap jaringan yang suka down dalam kegiatan operasional ditingkat internal, membutuhkan SDM yang tanggap apabila terjadi kerusakan, dan ingin mengetahui pemahaman SDM yang ada terhadap teknologi informasi dan jumlahnya sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, perlu dilakukan audit teknologi informasi agar dapat diketahui kesesuaian antara penggunaan teknologi informasi dengan visi, misi, dan tujuan RDC. Standar yang digunakan dalam mengaudit teknologi informasi ini adalah COBIT (Control Objective for Information Related Tecnology) yang digunakan sebagai alat untuk menciptakan IT Governance pada suatu perusahaan. Hasil audit berupa nilai skala Maturity Models dan rekomendasi yang dituangkan dalam OFI (Opportunities For Improvement) kepada pihak manajeman perusahaan yang dapat mendukung peningkatan pengelolaan dan pengembangan teknologi informasi yang diterapkan untuk mencapai tujuan organisasi.
Pelaksanaan audit ini diawali dengan menerjemahkan visi, misi, dan tujuan organisasi kedalam tujuan bisnis yang dikategorikan menurut keempat dimensi dalam balanced scorecard bisnis. Kemudian tujuan bisnis ini diterjemahkan lagi kedalam tujuan teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan pada 7 proses dari 34 proses yang akan dinilai berdasarkan wawancara dan observasi, sehingga diperoleh skala tingkatan model kematangan (maturity model) untuk tiap proses.
Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa performansi pemanfaatan teknologi informasi dalam skala model kematangan adalah pada skala ke-4 (managed and measurable). Hal tersebut menunjukkan bahwa telah terdapat prosedur mengenai pengaturan organisasinya yang mencakup sumber daya yang ada seperti sumber daya manusia, aplikasi, teknologi, dan informasi. Perencanaan, pengimplementasian, pengawasan serta pengevaluasian telah dimiliki. Pemanfaatan teknologi juga sudah sesuai dengan kebutuhan untuk mendukung kegiatan riset dalam organisasi dan digunakan secara optimal. Secara umum, OFI yang dapat direkomendasikan pada tiap proses berdasarkan dokumentasi/prosedur, sumber daya manusia, dan implementasi yang dapat mendukung peningkatan pengelolaan dan pengembangan teknologi informasi yang diterapkan. Dari ketujuh proses yang diaudit maka terdapat rekomendasi yang menjadi prioritas yang harus diberikan perhatian lebih yaitu unit DITS sebaiknya dapat mengetahui gejala yang timbul pada saat performansi rendah dan harus bisa mensolusikannya dengan cara monitoring yang lebih ketat, melihat apakah perangkat yang ada telah sesuai dengan banyaknya penggunaan aplikasi yang berjalan pada saat itu, dan lain-lain. Atau dengan cara meningkatkan nilai service level guarantee melebihi 96% tergantung dari kesepakatan manajemen. Hal ini terkait dengan DITS sebagai unit pengelola teknologi informasi dalam menjamin ketersediaan layanan bagi organisasi dan membantu organisasi dalam pemanfaatan teknologi informasinya agar tujuan organisasi dapat tercapai.
COBIT, Audit Teknologi Informasi, Maturity Models, OFI

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

Audit Pemanfaatan Teknologi Informasi dengan Menggunakan COBIT di Telkom Research and Development Center
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizky Suminar Harum
Perorangan
Christanto Triwibisono, Murahartawaty
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini