USULAN PERBAIKAN SPEEDY DENGAN MENGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTIONDEPLOYMENT

ERLYN WIDHIANA

Informasi Dasar

112030025
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam persaingan dunia bisnis telekomunikasi di Indonesia, PT.Telkom merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar dan tentunya PT.Telkom selalu berusaha memberikan layanan yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Salah satu produk dari Telkom adalah Speedy yang merupakan layanan untuk akses data dan internet yang menggunakan teknologi ADSL yang memungkinkan terjadinya komunikasi data, voice dan video secara bersamaan. Mengingat bahwa produk ini adalah produk baru dari PT.Telkom maka perlu adanya suatu evaluasi yang kemudian dilanjutkan dengan pengembangan layanan produk untuk lebih mengarah pada peningkatan kualitas layanan demi tercapainya kepuasan pelanggan.

Dalam penelitian pengembangan Speedy ini dipilih metode Quality Function Deployment karena dapat menampilkan secara lebih detail karakteristik teknis yang bisa dikembangkan untuk dapat meningkatkan kualitas produk Speedy. Dengan metode QFD ini juga perusahaan dapat mengetahui voice of customer atau keinginan dari pelanggannya yang didapatkan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil wawancara inilah yang akan diterjemahan kedalam karakteristik yang lebih teknis.Pada penelitian ini, metode QFD dilakukan sampai pada Iterasi 2: Matriks

Dari hasil penelitian ini didapatkan 18 atribut kebutuhan yang diinginkan pelanggan. Atribut-atribut ini kemudian disusun kedalam kuesioner untuk disebarkan agar mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan terhadap setiap atribut kebutuhan pada Speedy. Atribut-atribut kebutuhan tersebut akan diterjemahkan kedalam bahasa teknis perusahaan yaitu karakteristik teknisnya.Selanjutnya karakteristik teknis ini akan diterjemahkan lagi kedalam bahasa yang lebih teknis yaitu critical part. Dari hasil brainstorming dengan perusahaan didapatkan 21 karakteristik teknis dan 27 critical part.

Setelah pengolahan data maka akan didapatkan atribut kebutuhan yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi yaitu harga yang terjangkau, Pelayanan penanganan gangguan online 24 jam, Kecepatan dalam penanganan gangguan, Kecepatan untuk akses internasional, dan Kecepatan jaringan untuk koneksi ke situs-situs yang sering di akses (google, detik com, yahoo, friendster, gmail). Dan berdasarkan analisa data dapat diberikan rekomendasi kepada Telkom berupa rancangan pengembangan Speedy untuk meningkatkan kualitas Speedy, agar dapat dicapai kepuasan dan loyalitas konsumen di tengah persaingan denagn ISP lain

House of Quality dan Matriks Part Deployment. Pada Iterasi 1 voice of customer menjadi inputan untuk mendapatkan karakteristik teknisnya selanjutnya pada iterasi ke 2 karakteristik teknis ini akan menjadi inputan untuk mendapatkan critical part dari Speedy.

 

 

Speedy, ADSL, QFD (Quality Function Deployment).

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN SPEEDY DENGAN MENGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTIONDEPLOYMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERLYN WIDHIANA
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini