ANALISIS DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN LAYANAN VOIP BASED ON CLOUD MENGGUNAKAN SECURE REALTIME TRANSPORT PROTOCOL DAN TRANSPORT LAYER SECURITY

JOHAN GIFARI

Informasi Dasar

111100095
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Voice Over Internet Protocol atau biasa disebut VoIP adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara, data dan video menggunakan jaringan berbasis Internet Protocol untuk dija lankan diatas jaringan berbasis paket. Teknologi Cloud Computing merupakan suatu teknologi komputasi dimana sumber daya seperti processor / computing power, storage, network , dan software menjadi virtual dan diberikan sebagai layanan di jaringan / internet dengan pola akses remote. Hadirnya konsep virtualisasi ini melepaskan ketergantungan akan fisik, karena di dalam Cloud Computing sendiri bisa dibuat lebih dari satu fisik sehingga bisa meminimalisasi biaya maupun perangkat fisik yang ada. Namun karena lay anan Cloud Computing ini sebagian besar berada pada lingkup area jaringan paket, maka aspek keamanannya juga perlu mendapat perhatian yang cukup. Karena rentannya aspek keamanan ini diperlukan suatu system keamanan untuk menjaga keamanan / kerahasiaan perc akapan pada saat komunikasi berlangsung.
Dalam tugas akhir ini diimplementasikan Infrastruktur As A Service pada sistem Cloud Computing dengan menggunakan Proxmox VE sebagai software virtualisasi. Server VoIP dilengkapi dengan Secure Real Time Transport Pr otocol (SRTP) serta Transport Layer Security (TLS) sebagai penunjang keamanan sistem.
Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa penambahan protokol keamanan SRTP dan TLS pada server Asterisk berbasis Cloud C omputing akan menambahkan aspek integrity, co nfidentiality, authentication dan privacy pada server Asterisk, sedangkan dari hasil pengukuran kualitas komunikasi VoIP didapatkan delay terbesar sebesar 20.719 ms dan jitter 1.108 ms pada saat komunikasi menggunakan codec PCMU dan protokol keamanan SRTP dan TLS secara bersamaan, dan pada saat menggunakan codec iLBC nilai jitter dan delay terbesar juga terjadi pada saat menggunakan protokol SRTP dan TLS secara bersamaan yaitu sebesar 1.668 ms untuk jitter dan 60.298 ms untuk delay .
Cloud Computing , IaaS, Proxmox VE, VoIP, SRTP, TLS

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN LAYANAN VOIP BASED ON CLOUD MENGGUNAKAN SECURE REALTIME TRANSPORT PROTOCOL DAN TRANSPORT LAYER SECURITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JOHAN GIFARI
Perorangan
Rendy Munadi, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini