Analisis Optimasi Throughput Jaringan HSDPA Studi Kasus Kluster di Area Bandung

Muhammad Iqbal Tanjung Wijaya

Informasi Dasar

111100087
621.384 56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Optimasi throughput jaringan adalah proses penjagaan atau peningkatan performansi throughput dari jaringan seluler sehingga sesuai dengan standar KPI. Optimasi dilakukan jika terjadi penurunan performansi throughput yang disebabkan level daya penerimaan yang rendah oleh UE dan gangguan interferensi.
Pada tugas akhir ini, dianalisis penyebab terjadinya penurunan performansi throughput pada jaringan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) pada Operator A. Daerah tinjauan berada pada kluster TSM yang terletak di Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data performansi existing dari statistik hasil pengukuran drive test. Dari hasil drive test akan diklasifikasikan masalah yang menyebabkan penurunan performansi throughput. Parameter yang dioptimasi ialah RSCP, Ec/No, pilot pollution,dan throughput. Konfigurasi jaringan yang dilakukan berfokus pada tilting antena dan pilot power. Simulasi pada penelitian ini menggunakan software Atoll.
Setelah dilakukan optimasi jaringan , teradapat peningkatan nilai RSCP (level daya terima) sebesar 3,87 dB dan penurunan jumlah pilot ? 2 sebesar 45%. Dengan improvement seperti itu menyebabkan kualitas kanal membaik. Dibuktikan dengan peningkatan peformansi Ec/No (kualitas kanal) sebesar 8,46%. Dengan meningkatnya Ec/No, menyebabkan peningkatan performansi SINR, CQI, dan penurunan nilai BLER sehingga throughput meningkat sebesar 66,2% dari 340,48 kbps menjadi 565,76 kbps. Dengan nilai throughput sebesar 565,76 kbps telah sesuai dengan standar KPI dari operator A sebesar 500 kbps. Kata Kunci : throughput, RSCP, Ec/No, RSSI, tilting, dan pilot power

Subjek

cellular telephone systems
 

Katalog

Analisis Optimasi Throughput Jaringan HSDPA Studi Kasus Kluster di Area Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Iqbal Tanjung Wijaya
Perorangan
Nachwan Mufti, Muhammad Rieza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini