SIMULASI DAN ANALISIS NON-BLIND WATERMARKING PADA OBJEK DIGITAL 3D BERBASIS FAST FOURIER TRANSFORM

Muhammad Oktriawandi

Informasi Dasar

111091039
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Watermark merupakan suatu cara untuk melindungi hak cipta dan keaslian dari suatu objek tiga dimensi dengan menyisipkan informasi rahasia yang tidak terlihat oleh indera penglihatan manusia. Informasi rahasia dapat dideteksi dengan menggunakan suatu media, seperti komputer.
Dalam menanamkan watermark ke dalam objek tiga dimensi, digunakan dengan menggunakan metode Fast Fourier Transform (FFT) dimana objek tiga dimensi dibagi berdasarkan vertex-vertex yang saling terhubung. Nilai vertex matrix diubah kedalam bit dan dilakukan transformasi FFT. Hasil dari transformasi FFT ditanamkan watermark non-blind dan kemudian di invers-kan sehingga terjadilah sebuah gambar yang telah disisipi watermark.
Dalam simulasi sisterm watermarking dengan metode Fast Fourier Transform ini didapat sebuah penanaman watermark dengan imperceptibility yang tidak mengganggu fungsi host. Simulasi ini memiliki nilai BER dan VER yang mendekati 0 serta nilai SNR > 100 dB. Pada proses ekstraksi watermark tanpa serangan, BER bernilai 0. Sistem watermarking dengan Fast Fourier Transform cukup tangguh. Pada pengujian sistem objek 3D ter-watermark memiliki ketahanan terhadap beberapa serangan seperti rotasi dan rescalling. Hasil ekstraksi watermark pada serangan rotasi dan rescalling didapatkan BER bernilai 0. Pada serangan translasi dan noise, objek 3D tidak dapat menghasilkan ekstraksi watermark dengan BER > 0. watermarking, objek 3D, non-blind, Fast Fourier Transform

Subjek

Signal analysis-processing
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISIS NON-BLIND WATERMARKING PADA OBJEK DIGITAL 3D BERBASIS FAST FOURIER TRANSFORM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Oktriawandi
Perorangan
Suryo Adhi Wibowo, Rita Purnamasari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini