DESAIN DAN REALISASI ANTENA MIMO DIAMOND DIPOLE PADA FREKUENSI 2300-2390 MHz APLIKASI WIMAX DI INDONESIA

DOAN DEBORA SIREGAR

Informasi Dasar

111091002
621.3848
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi komunikasi mobile wireless d i dunia modern semakin cepat dan beragam, sehingga banyak muncul s tandar teknologi yang baru dan semakin canggih. Teknologi tersebut salah satun ya adalah WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) y ang beroperasi pada frekuensi 2,3 GHz, 2,5 GHz, dan 3,5 GHz. Antena merupakan perangkat perantara antara saluran transmisi dan udara, maka antena har us mempunyai sifat yang sesuai ( match ) dengan saluran pencatunya. Oleh karena itu, anten a memegang peranan penting dalam sistem komunikasi wireless jarak jauh, baik itu sistem komunikasi satelit ataupun sistem komunikasi terestrial.
Salah satu teknik yang dapat meningkatkan performan si sistem komunikasi WIMAX adalah dengan menggunakan teknik Multiple Input Multiple Output (MIMO ). Sistem MIMO merupakan sistem komunikasi ya ng menggunakan multi- antenna baik di sisi transmitter maupun di sisi receiver . Penelitian ini juga mengembangkan sebuah metode pengembangan dari anten a dipole, yaitu antena diamond dipole yaitu metode yang menggunakan patch segitiga yang di pasang berhadapan dengan sudut berada di belakang, sehing ga berbentuk seperti diamond, dengan jarak ( gap ) yang ditentukan dengan menggunakan software simul ator.
Hasil simulasi yang diperoleh, diimplementasikan d engan menggunakan bahan, yaitu tembaga. Hasil pengukuran untuk frekue nsi 2300-2390 MHz adalah 1.5 untuk VSWR. Untuk pola radiasi antena adalah u nidireksional, serta polarisasinya berbentuk linier. Gain yang dicapai a ntena ini adalah sekitar 3 dBi. Antena, MIMO, WIMAX, Diamond antenna

Subjek

Antennas-design & construction - cad-antennas.
 

Katalog

DESAIN DAN REALISASI ANTENA MIMO DIAMOND DIPOLE PADA FREKUENSI 2300-2390 MHz APLIKASI WIMAX DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DOAN DEBORA SIREGAR
Perorangan
Tengku Ahmad Riza, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini