ANALIS IS DAN PERANCANGAN JARINGAN ODC MENUJU ODP UNTUK IMPLEMENTASI LAYANAN BROADBAND (STUDY KASUS PT.TELKOM GEGERKALONG )

Gusti Agung Ngurah Sarwa Damana Putra

Informasi Dasar

111071077
621.369 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jaringan akses kabel serat optik merupakan jaringan akses dengan kehandalan yang sangat baik. Jaringan ini menggantikan jaringan kabel tembaga yang dirasa belum mampu mendukung layanan broadband secara maksimal. Jaringan serat optik ini nantinya akan mengh ubungkan ODC menuju ODP, sehingga jaringan yang dirancang akan dapat mendukung layanan triple play ( voice , data, video) dengan kualitas layanan kehandalan jaringan yang sangat baik
Dalam tugas akhir kali ini dilakukan perancangan jaringan dari ODC menuju ODP di perumahan Padasaluyu yang terletak dalam area STO Gegerkalong, Bandung. Perancangan ini nantinya akan menghitung link power budget dan rise time budget untuk digunakan sebagai kesimpulan apakah jaringan yang dirancang sudah layak atau belum.
Hasil p erhitungan link power budget yaitu total redaman yang didapat dari sisi uplink sebesar 18.979 dB dan dari sisi downlink sebesar 18.938 dB. Kedua hasil ini masih berada di bawah ambang batas yang ditetapkan sesuai standar

ITU

T G . 984.3 yaitu 28 dB. Untuk ma rgin daya didapat hasil 9.021 dB m untuk uplink dan 9.062 dB m untuk downlink. Kedua hasil ini berada di atas 0 dB, jadi jaringan yang dirancang sudah memenuhi link power budget. Perhitungan rise time budget didapatkan hasil 0.25 ns untuk uplink, ini masih dib awah maksimum rise time dan bit rate sinyal NRZ dengan pengkodean NRZ yaitu 0.5833 ns. Untuk downlink didapat hasil 0.25 ns, ini juga masih dibawah maksimum rise time dan bit rate sinyal NRZ yaitu 0.2917 ns.
ODC, ODP, Broadband, Layanan triple play, link power budget, rise time budget.

Subjek

Fiber optic communications
 

Katalog

ANALIS IS DAN PERANCANGAN JARINGAN ODC MENUJU ODP UNTUK IMPLEMENTASI LAYANAN BROADBAND (STUDY KASUS PT.TELKOM GEGERKALONG )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gusti Agung Ngurah Sarwa Damana Putra
Perorangan
Akhmad Hambali, I Putu Yasa
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini