Desain Jaringan UMTS dengan GIS

Ikhsan Aphadani

Informasi Dasar

111020203
621.384 12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ground Penetrating Radar (GPR) merupakan jenis radar yang digunakan untuk mendeteksi objek yang bersifat metal dan non-metal yang berada di dalam tanah. Antena pengirim GPR mentransmisikan impuls elektromagnetik menembus tanah dan mengenai objek. Sebagian impuls yang diterima objek akan dipantulkan kembali oleh objek tersebut dan diterima oleh antena penerima. Dari sinyal pantul akan dapat diketahui posisi dan bentuk objek.
Peranan antena dalam aplikasi GPR sangat penting jika dikaitkan pada resolusi dan penetrasi yang digunakan pada GPR. Aplikasi GPR membutuhkan resolusi dan kedalaman penetrasi yang berbeda-beda. Kedua parameter ini dapat dicapai dengan optimum jika mengunakan durasi impuls tertentu. Namun hal ini menyebabkan penggunaan antena untuk aplikasi GPR dengan range impuls tertentu harus memiliki beberapa antena dengan dimensi yang berbeda-beda. Sehingga tidak efisien dan memakan biaya yang cukup mahal.
Tugas akhir ini membahas rancangan antena logarithmic spiral yang dapat digunakan dalam aplikasi sistem GPR untuk range impuls (0.6 – 2.4) ns dengan mensimulasikannya melalui program Ansoft HFSS 9.2. Dari simulasi dapat dianalisa bahwa untuk mendapatkan antena logarithmic spiral yang sesuai untuk GPR dipengaruhi oleh flare rate, jumlah lengan spiral, putaran spiral, dan rotasi angular yang mempengaruhi parameter-parameter antena, seperti pola radiasi, impedansi, gain, dan VSWR. Kinerja antena logarithmic spiral untuk aplikasi GPR juga sangat dipengaruhi oleh kualitas impuls outputan yang ditransmisikan oleh antena. Ringing pada impuls yang mengurangi performansi dalam pendeteksian objek dapat diminimalisasi oleh antena logarithmic spiral sehingga pada range impuls tersebut antena dapat mentransmisikan dan mendeteksi objek dengan baik, serta dapat menghasilkan resolusi dan kedalaman penetrasi yang berbeda-beda walaupun hanya dengan menggunakan sebuah antena pengirim. GPR, antena logarithmic spiral, flare rate, impuls

Subjek

RADIO CIRCUIT
 

Katalog

Desain Jaringan UMTS dengan GIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ikhsan Aphadani
Perorangan
NACHWAN MUFTI A, Kris Sujatmoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini