PENENTUAN KARAKTERISTIK E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DENGAN VARIABEL SCOR (STUDI KASUS PADA INDUSTRI KOSMETIK HALAL)

NADIYA KRISDAMAYANTI

Informasi Dasar

17.04.673
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Konsumen Muslim global telah menghabiskan $ 26.000.000.000 untuk mengkonsumsi kosmetik pada tahun 2012 yang menunjukan bahwa 5,7 persen dari pengeluaran global dan diperkirakan akan mencapai $ 39.000.000.000 pada tahun 2018. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Keadaan ini tentu mempengaruhi peningkatan kebutuhan dan permintaan akan pasar halal di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dengan menggunakan variabel SCOR. Yang dimana SCOR digunakan sebagai referensi model untuk mengukur kinerja dari sebuah rantai pasok, dan yang digunakan hanya pada Level 1 karena pada level ini dilakukan pendefinisian dari kompetisi dasar yang ingin dicapai beserta petunjuk dan cara bagaimana dapat memenuhi dari kompetisi tersebut. Penentuan sampel dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 100 responden untuk menentukan variabel apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Setelah dilakukan pengolahan data, didapatkan 11 customer requirements dan ada 10 technical requirement yang didapatkan setelah dilakukan wawancara dengan expert/ahli aplikasi. Selain itu terdapat 32 hubungan antara customer requirements dan technical requirement. Hasil penelitian yang didapat yaitu perusahaan dapat membuat aplikasi e-SCM dengan karakteristik prioritas terdapat menu/fitur informasi mengenai proses pengembalian barang yang jelas dengan penjelasan syarat&ketentuan yang berlaku yang diharuskan ada didalam aplikasi tersebut.

Kata Kunci : e-SCM, Customer Requirementsi, Kosmetik Halal, Quality Function Deployment (QFD), Supply Chain Operations Reference Model

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
 

Katalog

PENENTUAN KARAKTERISTIK E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DENGAN VARIABEL SCOR (STUDI KASUS PADA INDUSTRI KOSMETIK HALAL)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIYA KRISDAMAYANTI
Perorangan
RATIH HENDAYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini