Analisis Penggunaan Media Sosial dengan Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM): (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Bandung Tahun 2016)

FIRDA APRILLA ARHAM

Informasi Dasar

17.04.661
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi dengan media sosial sebagai salah satu produknya telah membawa pengaruh yang besar terhadap dinamika kehidupan khususnya pada sebagian besar UMKM yang memanfaatkan media sosial dalam bisnisnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial oleh pelaku UMKM di Kota Bandung berdasarkan persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan persepsi pemanfaatan (perceived usefulness) terhadap niat untuk menggunakan (Behavioral intention to Use). Populasi dalam penelitian ini yaitu pelaku UMKM di kota Bandung yang menggunakan media sosial dengan sampel sebanyak 384 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan software SPSS 17.0 for Windows. Berdasarkan hasil penyebaran 384 kuisioner, diketahui karakteristik responden terbanyak ialah laki-laki sebanyak 201 orang, berusia 21-30 tahun sebanyak 309 orang dengan pendapatan per tahun Rp 300 juta-Rp2,5 miliar sebanyak 235 orang. Berdasarkan hasil uji t dengan signifikansi 5%, diketahui bahwa variabel Perceived ease of Use berpengaruh signifikan terhadap variabel Perceived Usefulness (23,722 > 1,96620991) secara parsial dengan pengaruh sebesar 81,51%, variabel Perceived ease of Use berpengaruh signifikan terhadap variabel Behavioral intention to Use (12,608 > 1,96620991) secara parsial dengan pengaruh sebesar 78,6%, variabel Perceived Usefulness berpengaruh signifikan terhadap variabel Behavioral intention to Use (6,166 > 1,96620991) secara parsial dengan pengaruh sebesar 29,98%. Penulis memberikan saran bagi penelitian selanjutnya tentang perilaku pengguna terhadap penerimaan teknologi dengan pendekatan teori TAM dapat lebih dikembangkan dengan mengkombinasikan teori-teori dari berbagai ilmu pengetahuan lainnya dan Melakukan penelitian dengan objek yang berbeda sehingga pengaplikasian teori TAM lebih luas dan memperluas wilayah cakupan penelitian.

Kata Kunci : Media Sosial, UMKM, Technology Acceptance Model

Subjek

SOCIAL MEDIA
 

Katalog

Analisis Penggunaan Media Sosial dengan Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM): (Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Bandung Tahun 2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRDA APRILLA ARHAM
Perorangan
GRISNA ANGGADWITA, MEDIANY KRISEKA PUTRI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini