PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi pada Sektor Industri Kimia dan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

ERIKA VIVI ANDRIYANI

Informasi Dasar

17.04.588
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Terdapat banyak skandal akuntansi overstated yang berujung pada ranah hukum. Konservatisme akuntansi merupakan salah satu prinsip akuntansi yang aman dari overstated penyajian laporan keuangan. Penerapan konservatisme akan membuat aset dan pendapatan lebih rendah serta hutang dan beban lebih tinggi. Sektor industri kimia dan farmasi memiliki nilai investasi yang semakin meningkat setiap tahunnya sehingga diduga perusahaan ini telah menerapkan prinsip konservatisme akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi seperti asimetri informasi, kepemilikan manajerial, dan leverage. Baik secara simultan maupun parsial. Sehingga diketahui apakah variabel bebas tersebut mempengaruhi konservatisme akuntansi. Penelitian ini menggunakan perusahaan industri kimia dan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai populasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 9 perusahaan pada tahun 2011-2015 dengan 45 sampel yang diobservasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian, asimetri informasi, kepemilikan manajerial, dan leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa asimetri informasi dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap konservatisme akuntansi dan leverage berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap konservatisme akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi perusahaan industri kimia dan farmasi untuk menjaga tingkat asimetri informasi, kepemilikan manajerial, dan leverage sebab ketiga hal tersebut mempengaruhi tingkat konservatisme akuntansi suatu perusahaan. Bagi investor, disarankan agar investor harus cerdas dan selektif dengan memperhatikan tingkat asimetri informasi, leverage, dan kepemilikan manajerial yang dimiliki oleh perusahaan. Bagi regulator, disarankan untuk membuat standar yang berkaitan dengan konservatisme akuntansi untuk mengurangi skandal perusahaan yang akan menurunkan tingkat investasi perusahaan di Indonesia dengan cara memantau tingkat asimetri informasi, leverage, dan kepemilikan manajerial.

Kata Kunci: Konservatisme akuntansi, asimetri informasi, kepemilikan manajerial, leverage

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi pada Sektor Industri Kimia dan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERIKA VIVI ANDRIYANI
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI, VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini