ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM UPAYA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus pada Green Laundry di Wilayah Sekelimus, Kota Bandung)

ADIA VALERIAN TAMIKA

Informasi Dasar

17.04.457
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi persaingan jasa laundry di wilayah Sekelimus Kota Bandung semakin tinggi. Green Laundry merupakan salah satu jasa laundry yang berada di wilayah Sekelimus Kota Bandung. Semakin tingginya tingkat persaingan dan pangsa pasar yang semakin tumbuh membuat Green Laundry harus melakukan strategi untuk memenangkan persaingan untuk meningkatkan pendapatan dan menjangkau konsumen baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Green Laundry jika ditinjau dari aspek – aspek pada Business Model Canvas dan mengetahui strategi bisnis yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan di Green Laundry dalam upaya mencapai keunggulan bersaing. Dalam merumuskan strategi, peneliti harus menggunakan Sembilan building block Business Model Canvas antara lain Customer Segments, Value Proporsitions, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Kemudian analisisnya menggunakan Business Model Canvas yang setiap building block juga dianalisis dengan SWOT. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh gambaran Sembilan blok bangunan Business Model Canvas saat ini dari Green Laundry. Evaluasi dari hasil kuesioner yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT menunjukan bahwa Green Laundry memiliki kekuatan dan kelemahan. Selain itu, memiliki peluang rata – rata tinggi dan memiliki ancaman yang perlu dihadapi. Secara garis besar, gambaran Business Model Canvas Green Laundry saat ini sudah cukup baik karena model bisnis yang sudah berjalan mampu memenuhi ke Sembilan elemen blok bangunan pada Business Model Canvas. Dari hasil evaluasi menghasilkan strategi yang dapat dijadikan rekomendasi sehingga dapat dilakukan penyempurnaan rancangan Business Model Canvas.

Kata Kunci: Business Model Canvas, Keunggulan Bersaing, Laundry, Strategi.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT: STRATEGIC PLANNING: BUSINESS PLANNING
 

Katalog

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM UPAYA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus pada Green Laundry di Wilayah Sekelimus, Kota Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADIA VALERIAN TAMIKA
Perorangan
ASTRI GHINA, DEDEN SYARIF HIDAYATULLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini