APLIKASI PERBANDINGAN MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ANTARA METODE EOQ DAN LOT FOR LOT (STUDI KASUS PADA PT ADONA ALFA OMEGA BANDUNG)

GISYARI NURUL ISTIQAMAH SURUR

Informasi Dasar

17.06.024
005.372
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

PT Adona Alfa Omega Bandung adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi roti. Pemesanan dan pembelian bahan baku di PT Adona Alfa Omega bergantung pada pemilihan supplier dengan mempertimbangkan harga yang paling rendah. Proses manajemen persediaan bahan baku di PT Adona Alfa Omega sangat krusial karena jika bahan baku disimpan lama akan menyebabkan bahan baku membusuk sehingga menimbulkan kerugian yang signifikan bagi perusahaan. Persediaan dapat dikendalikan dengan beberapa metode persediaan yang ada, dua diantaranya adalah metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Lot for Lot (LFL). Dua metode ini dapat menghasilkan perhitungan jumlah pesanan ekonomis tetapi bedanya terdapat pada, jika metode EOQ dengan biaya seminimal mungkin dan jika metode LFL dengan jumlah pesanan seminimal mungkin. Aplikasi berbasis web dibuat dengan fungsionalitas menghitung target produksi, menghitung EOQ, menghitung LFL serta membandingkan total biaya antara EOQ dan LFL dalam bentuk tabel dan grafik dengan mempertimbangkan Safety Stock, serta menyajikan laporan akuntansi dalam bentuk jurnal dan buku besar. Pembangunan perangkat lunak menggunakan model terstruktur yang terdiri dari Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), kamus data dan spesifikasi proses. Aplikasi ini berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Blackbox Testing terhadap fungsionalitas aplikasi dan hasil dari pengujian aplikasi telah sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi ini dapat mengelola master data, mengelola pembelian bahan baku berdasarkan hasil perhitungan EOQ atau perhitungan LFL, mengelola produksi berdasarkan target produksi dan menampilkan jurnal umum, buku besar serta membandingkan hasil perhitungan antara EOQ dan LFL.

Kata Kunci: Manajemen, Persediaan Bahan Baku, EOQ, LFL

Subjek

COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

APLIKASI PERBANDINGAN MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ANTARA METODE EOQ DAN LOT FOR LOT (STUDI KASUS PADA PT ADONA ALFA OMEGA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GISYARI NURUL ISTIQAMAH SURUR
Perorangan
ANAK AGUNG GDE AGUNG, ASTI WIDAYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Komputerisasi Akuntansi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini