ANALISIS DETERMINAN AUDITOR SWITCHING (STUDY EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2008-2015)

HESTY PURWATI HASSANAH

Informasi Dasar

17.04.014
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia diwajibkan untuk menyampaikan laporan keuangan secara transparansi yang telah diaudit akuntan public. Mengenai Jasa Akuntan Publik Indonesia diatur dalam Peraturan Mentri Keuangan No.17/PMK.01/2008 yang mendasari terjadinya auditor switching secara paksaan. Berbagai pertanyaan tmbul ketika perusahaan melakukan pergantian auditor secara sukarela karena terjadi diluar peraturan yang telah diterapkan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komisaris independen, pergantian manajemen, opini audit, leverage, ukuran perusahaan dan auditor switching serta menguji pengaruh komisaris independen, pergantian manajemen, opini audit, leverage dan ukuran perusahaan terhadap auditor switching. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan teknik Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Regresi Logisitk. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEI pada periode 2008-2015. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 37 perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komisaris independen, pergantian manajemen, opini audit, leverage dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap auditor switching. Tetapi, secara parsial hanya komisaris independen, pergantian manajemen dan ukuran perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap auditor switching pada perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2008-2015. Penelitian ini membuktikan bahwa auditor switching terjadi tidak hanya karena adanya aturan yang berlaku menurut mentri keuangan, tetapi banyak faktor yang dapat mempengaruhinya diantaranya yaitu komisaris independen, pergantian manajemen dan ukuran suatu perusahaan.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

ANALISIS DETERMINAN AUDITOR SWITCHING (STUDY EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2008-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HESTY PURWATI HASSANAH
Perorangan
MAJIDAH, DEWA PUTRA KRISHNA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini