ANALISIS PENAMBAHAN KAPASITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE INCREMENTAL ANALYSIS DENGAN 3 SKENARIO (STUDI KASUS PERUSAHAAN UMMI EMBROIDERY)

LUTHFI AZMI AZIZ AL FAQIH

Informasi Dasar

16.04.2187
658.403
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ummi Embroidery merupakan badan usaha milik perseorangan yang dimiliki oleh Dedi Darmawan, yang bergerak dibidang fashion yaitu produksi bordir. Pada akhir tahun 2014, perusahaan mendapatkan tawaran kerjasama dan mengalami peningkatan permintaan produk yang signifikan yaitu sebesar 10.000 piece bordir setiap bulannya dan kerjasama ini bersifat kontinyu hingga 5 tahun kedepan. Kini perusahaan memiliki kapasitas produksi sebesar 4000 piece setiap bulannya. Dengan jumlah mesin yang dimiliki saat ini, kapasitas produksi perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan yang ada. Oleh karena itu perusahaan berencana untuk menambah kapasitas mesin agar dapat memenuhi permintaan yang ada. Pada penelitian kali ini akan dilakukan 2 pengujian. Pengujian yang pertama adalah pengujian terhadap kelayakan alternatif-alternatif yang ada menggunakan metode NPV, IRR, dan PBP. Output dari hasil pengujian yang pertama akan digunakan pada pengujian berikutnya untuk mengevaluasi alternatif yang terbaik menggunakan metode Incremental Analisis. Hasil perhitungan dari uji kelayakan diperoleh untuk alternatif 1 NPV = Rp. 114.574.422, IRR = 27%, dan PBP = 2 tahun 5 bulan, alternatif 2 NPV = Rp. 91.030.062, IRR = 20%, dan PBP = 2 tahun 6 bulan, dan alternatif 3 NPV = Rp. 91.760.270, IRR = 18%, dan PBP = 2 tahun 7 bulan. Alternatif-alternatif tersebut diakatakan layak karena nilai IRR yang diperoleh lebih besar dari nilai MARR dan NPV bernilai positif. Setelah melakukan uji kelayakan, dilakukan pemilihan alternatif terbaik menggunakan metode Incremental Analysis. Hasil perhitungan dari Incremental Analysis menunjukan bahwa alternatif 1 merupakan alternatif terbaik.

Subjek

DECISION MAKING-BUSINESS
 

Katalog

ANALISIS PENAMBAHAN KAPASITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE INCREMENTAL ANALYSIS DENGAN 3 SKENARIO (STUDI KASUS PERUSAHAAN UMMI EMBROIDERY)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUTHFI AZMI AZIZ AL FAQIH
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Rio Aurachman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IE3033 - EKONOMI TEKNIK
  • IE2323 - EKONOMI TEKNIK
  • IE4424 - TUGAS AKHIR
  • IEG2H2 - EKONOMI TEKNIK
  • IEG4A3 - ANALISIS KELAYAKAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini