IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN SOFTWARE ODOO MODUL WAREHOUSE MANAGEMENT METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (STUDI KASUS: PT TRIKOMSA INDONESIA)

IDA BAGUS GEDE ROMA HARSANA PUTRA

Informasi Dasar

16.04.1941
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT.Trikomsa Indonesia merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi Drinking Oxygen Water. Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi peningkatan produksi yang semakin tinggi. Dengan peningkatan produksi yang semakin tinggi, penyimpanan barang hasil produksi juga semakin besar. Berdasarkan hal tersebut, terjadi permasalahan pada bagian gudang, seperti pencatatan jumlah barang yang tidak akurat, karena proses pencatatan dilakukan secara manual dan waktunya tidak teratur. Hal ini mengakibatkan jumlah barang yang di gudang dengan catatan yang ada terjadi perbedaan jumlah. Selain itu belum adanya integrasi data, sehingga sharing data memerlukan waktu yang lama. Hal ini berakibat lambatnya pengambilan keputusan dalam aktivitas bisnis perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang ditemui, bagian gudang membutuhkan suatu sistem erp yang dapat mencatat jumlah barang secara akurat, realtime dan mengintegrasikan seluruh data antar bagian. Sehingga pencatatan jumlah barang menjadi akurat dan sistem dapat mengintegrasikan seluruh data antar bagian. Lalu pengambilan keputusan dilakukan secara cepat dan efektif. Perusahaan ini berskala menengah yang tidak memiliki anggaran khusus untuk investasi sistem erp. Sehingga implementasi erp menggunakan aplikasi Odoo menjadi cara terbaik. Odoo merupakan aplikasi open source yang bersifat dinamis dan mudah dilakukan penyesuaian dengan kebutuhan perusahaan. Odoo modul warehouse management dapat membantu permasalahan yang dialami pada bagian gudang. Sistem ini dilakukan penyesuaian dengan metode RAD (Rapid Application Development), dipilih agar waktu dalam pengembangan system lebih efisien. Dengan dilakukan penyesuaian, memiliki banyak manfaat bagi perusahaan, diantaranya pencatatan jumlah barang secara otomatis. Selain itu adanya integrasi data barang dengan bagian yang berkaitan dengan gudang. Sehingga pengambilan keputusan dilakukan secara cepat. Kata kunci: ERP, Odoo, Warehouse Management, RAD, Gudang.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN SOFTWARE ODOO MODUL WAREHOUSE MANAGEMENT METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (STUDI KASUS: PT TRIKOMSA INDONESIA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IDA BAGUS GEDE ROMA HARSANA PUTRA
Perorangan
MUHAMMAD AZANI HASIBUAN, FAISHAL M. ANSHARY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini