Analisis dan Implementasi Pengukuran Semantic Similarity Menggunakan Monolingual Alignment dengan Memodifikasi Feature Extraction pada Kalimat Pendek

MUHAMMAD RIZKI FAUZI

Informasi Dasar

16.04.1339
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengukuran semantic similarity menggunakan monolingual alignment memiliki kendala pada pengimplementasian sistem yaitu masih mejadi penelitian bagaimana memodifikasi feature extraction yang digunakan untuk melakukan align pada kata dari kalimat. Sistem yang telah ada meneliti feature extraction untuk diterapkan pada alignment. Semantic similarity adalah salah satu pengukuran dalam text mining yang mencari representasi hubungan antar kata dalam kalimat.

Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah monolingual alignment dengan cara memodifikasi feature extraction yang berasal dari beberapa penelitian sebelumnya. Modifikasi feature extraction yang difokuskan pada penelitian ini adalah identical word, named entities recognition, paraphrase database, part-of-speech, synonym, hypernym, hyponym dan positional. Sistem yang dibangun pada penelitian ini mengunakan teknik supervised dan unsupervised data mining. Pengujian dilakukan dengan cara extrinsic evalution dengan membandingkan skor dari sistem dengan skor yang telah dibuat oleh para ahli. Teknik membandingkan skor dari sistem dengan skor gold standard menggunakan korelasi pearson. Hasil pengujian penelitian ini dengan menggunakan teknik unsupervised mendapat korelasi 0.7077 sedangkan supervised mendapatkan korelasi 0.7228.

Kata kunci: semantic similarity, monolingual alignment, extrinsic evalution, identical word, named entities recognition, positional.

Subjek

Text mining
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Pengukuran Semantic Similarity Menggunakan Monolingual Alignment dengan Memodifikasi Feature Extraction pada Kalimat Pendek
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZKI FAUZI
Perorangan
Mochammad Arif Bijaksana, Nungki Selviandro
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini