Islam dan Logika Kebebasan Media : Kritik atas Konsep Satirisme Majalah Charlie Hebdo di Paris (Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol.1 No.2 Tahun 2014)

Dedi Kurnia Syah Putra, Muhammad Sufyan Abdurrahman, Catur Nugroho

Informasi Dasar

16.24.044
302.2
E-Article
6b

Ruang lingkup kebebasan dalam ranah Media Massa, seringkali terbentuk atas dasar anomalisme. Islam, bahkan dalam al-Quran secara lugas memberikan pengarahan terkait Media Massa, Penyiaran, Komunikasi, dan dalam kondisi khusus mengatur Kode Etik Jurnalistik. Jurnalistik haruslah mengabarkan sebuah kejujuran yang memiliki pertanggung-jawaban. Sebagaimana tertulis dalam al-Quran “Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayatayat Allah, dan mereka itulah para pendusta” (an-Nahl: 105). Kebebasan, bagi warga dunia di muka bumi ini merupakan hak potensial yang tidak dapat ditawar kadarnya. Tetapi, Islam dengan segala kesempurnaannya telah menyusun sedemikian rumit terkait etika kebebasan, yang juga merujuk pada estetika interaksi manusia. Majalah Charlie Hebdo –dengan tagline sebagai surat kabar yang tidak bertanggungjawab— memudahkan pembaca untuk berasumsi jika majalah tersebut bukan berdasarkan hak kebebasan berekspresi. Melainkan, kebebasan yang digunakan untuk menumbuhkan kebencian (mindless), bukan keramahtamahan (mindfullness). Gebner, sebagaimana dikutip oleh Gabriel Wiemen dalam buku yang berjudul Communication Unreality berargumentasi “Human beings are the only spesies that tell stories and live by stories they believe” (2000: 76). Argumentasi Gebner menunjukkan bahwa realitas sosial tidak dapat dihegemoni oleh kepentingan radikal personal. Jurnal ini mencoba menjelaskan adanya korelasi sistematis tentang konsep kebebasan dan etika jurnalisme, yang dibangun oleh Islam sebagai Agama penjunjung tinggi multikultural, yang demikian menjadi kritik pemikiran atas kebebasan satir Majalah Hebdo di Paris. Kata Kunci: Jurnalisme Islami, Kebebasan Pers, Charlie Hebdo

Subjek

Islam siar
MEDIA OF COMMUNICATION,

Katalog

Islam dan Logika Kebebasan Media : Kritik atas Konsep Satirisme Majalah Charlie Hebdo di Paris (Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol.1 No.2 Tahun 2014)
ISSN : 2086-0161
15p.: pdf
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dedi Kurnia Syah Putra, Muhammad Sufyan Abdurrahman, Catur Nugroho
Perorangan
 
 

Penerbit

Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam: Volume 1, Nomor 2, Tahun 2014
Jakarta
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini