PENGAURUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdafar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

MELY HARTATI

Informasi Dasar

16.04.590
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Perusahaan BUMN di pasar modal memiliki kapitalisasi pasar yang tinggi dan mendominasi dibandingkan perusahaan non-BUMN, hal tersebut mengindikasikan nilai perusahaan BUMN yang baik dimata investor. Faktor fundamental yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan adalah kinerja keuangan yang dapat diproksikan oleh Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) selain itu faktor non-keuangan seperti Good Corporate Governance (GCG) juga dapat mendukung peningkatan secara bersinergi dengan kinerja keuangan untuk membentuk nilai perusahaan, dimana GCG yang baik dapat tercermin dari skor CGPI yang diperoleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dan pengaruh GCG dalam memperkuat hubungan antara kinerja keuangan dengan nilai perusahaan pada perusahaan BUMN yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) peride 2011 sampai dengan 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif untuk menguji hipotesis yang bersifat asosiatif dengan analisis inferensial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan periode 2011-2014, majalah SWA dan literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian. Populasi pada penelitian ini berjumlah 20 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 8 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel dan moderate regression analysis (MRA). Hasil pengolahan data menggunakan Eviews8 dan SPSS 21 menunjukan bahwa kinerja keuangan yang diproksikan oleh ROA berpengaruh secara positif terhadap nilai perusahaan dan GCG dapat memperkuat hubungan ROA dengan nilai perusahaan namun ROE tidak berpengaruh dengan nilai negatif terhadap nilai perusahaan dan GCG memperlemah hubungan ROE dengan nilai perusahaan sedangkan secara bersama-sama kinerja keuangan yang diproksikan oleh ROA dan ROE dapat mempengaruhi nilai perusahaan dan GCG dapat memperkuat hubungan ROA dan ROE terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: ROA, ROE, Nilai Perusahaan dan Good Corporate Governance

Subjek

FINANCE-CORPORATIONS
 

Katalog

PENGAURUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdafar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MELY HARTATI
Perorangan
Arlin Ferlina M. Trenggana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini