Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Kinerja Perbankan (Studi Kasus pada Bank yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)

MUHAMMAD ARIS ALIM ALWI

Informasi Dasar

16.04.441
658.159 9
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja perbankan Indonesia setiap tahunnya berada dalam situasi yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang diprediksi mempengaruhi kinerja perbankan yaitu: Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR). Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011 sampai 2014. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 28 bank yang disertakan dengan kurun waktu 5 tahun sehingga didapatlah 140 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan metode Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA). Secara parsial Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Sedangkan, Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh dengan arah negatif terhadap Return On Assets (ROA). Saran untuk pengembangan penelitian selanjutnya, agar menambahkan variabel serta menggunakan indikator yang lain, juga menambahkan periode penelitian dan populasi perusahaan sehingga mendapatkan hasil yang lebih bervariasi. Bagi perbankan, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi bank dalam mengaplikasikan variabel-variabel penelitian ini untuk membantu meningkatkan kinerja perbankan. Bank dapat lebih memperhatikan Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) karena berguna untuk meningkatkan kinerja perbankan.

Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Return On Assets (ROA).

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Kinerja Perbankan (Studi Kasus pada Bank yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ARIS ALIM ALWI
Perorangan
Khairunnisa
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung (Kab.)
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini