APLIKASI PERSEDIAAN BARANG DAGANG DAN BAHAN BANGUNAN DENGAN METODE PERPETUAL (STUDI KASUS PADA TB INDOTANI RANDUDONGKAL)

ANGGER ROY HANGGARA

Informasi Dasar

16.06.002
005.262
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

TB Indotani adalah penjual bahan bangunan di Kabupaten Pemalang, Randudongkal. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, seluruh kegiatan pencatatan di TB Indotani masih dilakukan secara manual yaitu dengan pencatatan menggunakan buku. Dalam penjualan barang, mereka hanya mencatat transaksi pada buku penjualan barang, sama halnya seperti pembelian barang. Hal ini menyebabkan kurang memudahkan TB Indotani jika ingin melihat data transaksi penjualan pada periode yang lama. Tidak hanya pada pencatatan pembelian barang dan penjualan saja, namun pada saat pengecekan persediaan barang dagang di gudang masih mengalami permasalahan. Bagian penjualan harus menunggu data dari bagian gudang untuk mengetahui ketersediaan barang di gudang. Untuk itu penulis membuat Aplikasi ini untuk Persediaan dan Penjualan Bahan Bangunan untuk membantu perusahaan TB Indotani mengelola persediaan dan penjualan dengan menggunakan metode pencatatan persediaan Perpetual dan menggunakan metode Average (Rata-rata) untuk menentukan nilai persediaan. Alat bantu pembuatan aplikasi tersebut adalah dengan menggunakan pemograman PHP dan database MYSQL dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) waterfall. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black box testing, aplikasi ini dapat mengelola pembelian bahan bangunan, mengelola penjualan bahan bangunan, serta dapat menghasilkan laporan berupa jurnal, buku besar, laporan pembelian, laporan penjualan, kartu stok, dan laba kotor.

Kata Kunci: Aplikasi, pembelian, penjualan, persediaan, Average

Subjek

ACCOUNTING COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

APLIKASI PERSEDIAAN BARANG DAGANG DAN BAHAN BANGUNAN DENGAN METODE PERPETUAL (STUDI KASUS PADA TB INDOTANI RANDUDONGKAL)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGER ROY HANGGARA
Perorangan
Renny Sukawati, Yudhi Yanuar
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini