PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, ETIKA AUDITOR DAN PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI KASUS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI BANDUNG, JAWA BARAT)

GLADYS AMELIA

Informasi Dasar

15.04.2246
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam pemberian jasa audit, auditor dituntut untuk dapat mengutamakan kualitas audit dalam menghasilkan informasi yang diperlukan oleh pihak yang berkepentingan, tetapi pada kenyataannya beberapa auditor eksternal masih banyak melakukan kecurangan pada saat penugasan audit sehingga akan sangat berpengaruh terhadap kualitas audit yang akan dihasilkan. Beberapa kasus mulai terjadi seperti lalai dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan, pelanggaran kode etik dan auditor kurang dapat bekerja secara profesional yang akhirnya berdampak buruk terhadap kualitas audit yang mereka hasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tekanan anggaran waktu (time budget pressure), etika auditor dan profesionalisme auditor terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik yang tersebar di Kota Bandung, Jawa Barat baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi pada penelitian ini ialah Kantor Akuntan Publik yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling dimana peneliti membuat tujuan dan pertimbangan tertentu, yakni kriteria auditor yang telah berpengalaman melakukan penugasan audit diatas 3 tahun. Data yang diolah ialah data primer melalui penyebaran kuesioner yang telah diterima kepada 36 responden auditor. Data ini kemudian dikelompokkan dan dianalisis dengan menggunakan garis kontinum dalam mendeskripsikan data serta menggunakan analisis regresi berganda dalam menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Variabel time budget pressure, etika auditor dan profesionalisme auditor terbukti berpengaruh secara simultan terhadap kualitas audit. (2) Variabel time budget pressure dan etika auditor tidak berpengaruh secara parsial terhadap kualitas audit namun, variabel profesionalisme berpengaruh secara parsial terhadap kualitas audit. (3) Pada penelitian ini, variabel time budget pressure, etika auditor dan profesionalisme auditor secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kualitas audit dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 52.7%. Kesimpulan dari penelitian jika ditinjau dari masing-masing variabel ialah tingkat time budget pressure mencapai 63.67%, etika auditor mencapai 84.26%, profesionalisme auditor mencapai 81.89% dan tingkat kualitas audit mencapai 81.83%. Saran untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya melakukan penelitian tidak pada masa peak season sebab rata-rata auditor eksternal tidak berada di kantor oleh karena melaksanakan audit dilapangan.

Kata Kunci : Time Budget Pressure, Etika Auditor, Profesionalisme Auditor, Kualitas Audit.

Subjek

AUDITING
BUDGETING,

Katalog

PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, ETIKA AUDITOR DAN PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI KASUS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI BANDUNG, JAWA BARAT)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GLADYS AMELIA
Perorangan
Nuryantoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini