ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN FRAKSI HARGA SAHAM TERHADAP LIKUIDITAS PERUSAHAAN PADA INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (STUDI KASUS KEBIJAKAN PERUBAHAN FRAKSI HARGA KEPBEI 6 JANUARI 2014)

MUHAMMAD FARUQ AL HADID

Informasi Dasar

15.04.2142
332.632 22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam berinvestasi, investor sangat memperhatikan faktor likuiditas perusahaan. Likuiditas yang tinggi akan membuat seorang investor tertarik untuk berinvestasi, dikarenakan likuiditas identik dengan aset yang dapat ditransaksikan dalam jumlah besar, dalam waktu yang singkat, dengan biaya yang rendah, dan tanpa mempengaruhi harga. Dan untuk meningkatkan likuiditas, Bursa Efek di dunia mengatur fraksi harga saham. Salah satunya adalah Bursa Efek Indonesia yang mengubah penetapan fraksi harganya pada 6 Januari 2014 lalu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan perubahan fraksi harga saham terhadap likuiditas yang diukur dengan dimensi Relative Spread dan Depth to Relative Spread.

Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah seluruh emiten yang tergabung dalam Indeks Harga Saham Gabungan. Adapun kriteria sampel yang digunakan adalah emiten yang tergabung dalam Indeks Harga Saham Gabungan yang memiliki harga minimal Rp5000 dan memiliki transaksi harian sejak bulan Juli 2013 sampai dengan Juni 2014. Teknik alat analisis data yang digunakan yaitu regresi data panel untuk pengujian model, serta uji-F untuk pengujian variabel dan koefisien determinasi untuk besar pengaruh.

Model persamaan regresi data panel yang dibentuk dalam penelitian ini merupakan model Fixed Effect. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai Pengaruh Perubahan Fraksi Harga Saham Terhadap Likuiditas Perusahaan pada Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Kasus Kebijakan Perubahan Fraksi Harga KEPBEI 6 Januari 2014), didapatkan kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pengaruh perubahan fraksi harga terhadap Bid Ask Spread yang diukur dengan menggunakan Relative Spread melalui uji F, menunjukkan bahwa perubahan fraksi harga saham berpengaruh signifikan terhadap Relative Spread di IHSG Periode Juli 2013 – Juni 2014. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pengaruh perubahan fraksi harga terhadap Depth yang diukur dengan menggunakan Depth to Relative Spread melalui uji F, menunjukkan bahwa perubahan fraksi harga saham berpengaruh signifikan terhadap Relative Spread di IHSG Periode Juli 2013 – Juni 2014.

Kata Kunci : Fraksi Harga, Likuiditas, Relative Spread, Depth to Relative Spread

Subjek

STOCK PRICES
CAPITAL MARKETS

Katalog

ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN FRAKSI HARGA SAHAM TERHADAP LIKUIDITAS PERUSAHAAN PADA INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (STUDI KASUS KEBIJAKAN PERUBAHAN FRAKSI HARGA KEPBEI 6 JANUARI 2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FARUQ AL HADID
Perorangan
Muhammad Azhari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini