PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, UKURANPERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA(Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa EfekIndonesia Periode 2011 - 2013)

HARDI IBNU PRADITO

Informasi Dasar

15.04.2029
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perbedaan kepentingan antara manajemen dengan pemilik perusahaan, menyebabkan pihak manajemen bersikap opportunistik dan mengakibatkan maraknya praktik manajemen laba di Indonesia. Manajemen laba diartikan sebagai perilaku manajemen yang negatif karena dianggap menyebabkan kandungan informasi laba dalam laporan keuangan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Hal tersebut dilakukan oleh manajemen dengan cara memilih kebijakan-kebijakan akuntansi tertentu untuk dapat menaikan ataupun menurunkan laba sesuai dengan keinginanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi praktik manajemen laba suatu perusahaan yaitu; dewan komisaris independen, ukuran perusahaan dan leverage. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011 sampai 2013. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 36 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 3 tahun sehingga didapatlah 108 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan metode Random Effect Model (REM) menggunakan software Eviews 8.1. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara dewan komisaris independen, ukuran perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba. Sedangkan secara parsial dewan komisaris independen dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dan hanya leverage yang berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci : Dewan komisaris independen, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen Laba

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, UKURANPERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA(Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa EfekIndonesia Periode 2011 - 2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARDI IBNU PRADITO
Perorangan
Sri Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini