ANALISIS PERUBAHAN KERATAAN GAIN PADA RAMAN OPTICAL AMPLIFIER (ROA) YANG DI CASCADE UNTUK SISTEM KOMUNIKASI OPTIK JARAK JAUH UW-WDM

M LUTHFI

Informasi Dasar

15.04.1855
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Raman Optical Amplifier (ROA) adalah penguat optik yang memanfaatkan interaksi kenonlinieran antara sinyal dan laser yang dipompakan kedalam serat yang menyebabkan terjadinya penguatan pada sinyal informasi. Analisis penguatan sinyal optik dengan menggunakan sebuah ROA telah dilakukan, namun ada satu metode penggunaan cascade ROA yang berguna dalam pengembangan teknologi WDM (Wavelength Division Multiplexing). Metode cascade ROA yang dimaksud adalah pengunaan sejumlah ROA sekaligus pada satu serat optik dengan tujuan untuk mendapatkan penguatan yang rata dan meningkatkan bandwidth penguatan sinyal optik.

Pada tugas akhir ini, peneliti menganalisis skema pompa pada penguatan Raman pada berbagai kasus, baik pada satu pompa maupun dengan cascade ROA. Tujuannya untuk mendapatkan hasil optimal, serta melihat pengaruh yang disebabkan oleh parameter-parameter yang ada terhadap perubahan spektrum penguat Raman.

Pada penelitian ini didapatkan hasil simulasi saat 11 buah pompa diberikan kedalam serat, dihasilkan penguatan sebesar 12.08 dB dengan ripple sebesar 0.56 dB serta lebar bandwidth sebesar 83 nm. Saat 12 buah pompa diberikan kedalam serat, penguatan yang dihasilkan sebesar 10.94 dB dengan ripple sebesar 0.43 dB serta lebar bandwidth sebesar 78 nm.

Kata kunci: Bandwidth, Cascade, Raman optical amplifier, ripple, WDM.

Subjek

COMMUNICATION DESIGN
Skripsi, KARYA ILMIAH, Thesis & disertation,

Katalog

ANALISIS PERUBAHAN KERATAAN GAIN PADA RAMAN OPTICAL AMPLIFIER (ROA) YANG DI CASCADE UNTUK SISTEM KOMUNIKASI OPTIK JARAK JAUH UW-WDM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M LUTHFI
Perorangan
Akhmad Hambali, Afief Dias Pambudi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini