PERANCANGAN APLIAKASI PENERJEMAH BAHASA SUNDA-INDONESIA DAN INDONESIA-SUNDA BERBASIS ANDROID DENGAN OUTPUT TEXT DAN SPEECH

MUHAMAD FIKRIANSYAH

Informasi Dasar

611104108
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: ABSTRAK
Kampus-kampus yang terletak di Jawa Barat dimana penduduk sekitar menggunakan bahasa sunda, seharusnya ditunjang pula dengan kemahiran mahasiswa nya yang bisa berbahasa sunda. Namun kenyataanya tidak seperti itu, banyak mahasiswa yang berasal dari daerah lain baik itu Jawa, Betawi, Batak dan Minang. Sehingga didapat beberapa kendala yaitu penggunaan bahasa yang tidak dapat dimengerti baik oleh mahasiswa maupun warga.
Perancangan aplikasi penerjemah bahasa Indonesia - Sunda & bahasa Sunda-Indonesia dapat menjadi solusi untuk permasalahan dalam komunikasi ber bahasa Sunda. Jadi mahasiswa yang ingin berinteraksi dengan warga atau siapapun yang berbahasa sunda dapat berinteraksi secara langsung tanpa harus khawatir akan terjadi komunikasi tidak efektif yang dikarenakan ketidakpahaman. Tentu saja dengan membawa gadget yang dilengkapi dengan aplikasi ini. Aplikasi penerjemah ini memiliki 2 fitur yaitu Indonesia - Sunda serta Sunda-Indonesia. Fitur khusus dari aplikasi ini adalah multi output berupa speech dan text. Speech didapatkan dari rekaman yang disimpan dalam database. Database yang digunakan adalah static objek atau berupa 2 buah array. Sedangkan proses terjemahanya dengan memanggil kata dari database. Dalam penggunaan aplikasi ini memudahkan user dalam mempelajari kata yang akan digunakan dan kata yang diucapkan pun tepat intonasi yang diucapkan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu akurasi pada pencacahan suku kata yang mencapai 92% % sehingga dapat dikatakan bahwa akurasi pencacahanya sudah bagus. Kebutuhan user pada aplikasi ini berjumlah 90% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini cukup dibutuhkan oleh user. Kepuasan pelanggan yang mencapai 70 % sehingga dapat disimpulkan bahwa tampilan aplikasi ini sudah cukup baik, maka dari keseluruhan koresponden dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sudah cukup berguna dan user friendly.
Kata kunci : Penerjemah , Aplikasi android, text dan speech, Array
Kata Kunci : Penerjemah , Aplikasi android, text dan speech, ArrayABSTRACT: universities which is located in west java the that the mayority civilian using sundanese language, it should be supported with the capability of its student that can speak sundanese. But reality isnt like that, there a lot of student from entire indonesia like java,batak,batavia and minang. So there is a problem about communication between student and civilian.
Designing sunda-indonesian and indonesian-sunda application translator with text and speech output can be soloved for thats matter. So the student that want to communicate with civillian can straightforward speak without being worry there is a uneffective communication, of course with bring this application. The special function is there are multi output i.e text and speech. Speech database got from recording file then sited on database.it is using statical databse i.e 2 piece of array.So in daily uses simplified user from getting word and its intonation is good too.
The result from this research is the accuration from its syllabic parsing is 92% so that be concluded the accuration is good enough. User requirement is 90% so can be concluded its application is pretty needed. User satisfied from design is 70%, so the design of this application is good enough. From the entire of correspondent can be concluded this application is useful and user friendly.
Keyword: Keyword : Translator, Android Application, Text and speech, Statical object

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

PERANCANGAN APLIAKASI PENERJEMAH BAHASA SUNDA-INDONESIA DAN INDONESIA-SUNDA BERBASIS ANDROID DENGAN OUTPUT TEXT DAN SPEECH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD FIKRIANSYAH
Perorangan
Hurianti Vidyaningtyas.,, Hilal Hudan Nuha
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini