PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PALANG PINTU OTOMATIS BUS TRANSJAKARTA DENGAN RF ZIGBEE

ZIKRI KHOIRUDDIN

Informasi Dasar

611100051
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi bus cepat yang dibangun untuk mengatasi kemacetan di Kota Jakarta. Transjakarta memiliki jalur tersendiri yang tidak boleh dilewati oleh kendaraan lain. Akan tetapi akibat minimnya pengawasan, jalur transjakarta sering kali dimasuki oleh kendaraan pribadi yang bukan jalurnya, sehingga laju bus transjakarta menjadi terhambat. Oleh karena itu timbullah ide untuk membuat sebuah palang pintu otomatis yang akan diletakkan di jalur bus transjakarta. Palang pintu tersebut hanya terbuka jika bus transjakarta akan melewati jalur tersebut, namun tidak demikian bagi kendaraan lain.

Pada Proyek Akhir ini penulis merancang dan merealisasikan sebuah palang pintu otomatis di jalur bus transjakarta. Untuk mendeteksi bus transjakarta, palang palang pintu otomatis ini menggunakan perangkat transmitter yang terpasang di bus transjakarta. Sementara itu perangkat receiver akan diletakkan disisi palang pintu. Pada bagian pengirim disisi bus transjakarta terdapat mikrokontroller dan RF zigbee untuk mengirimkan data yang berisi sebuah kode. Sedangkan pada sisi palang pintu terdapat RF zigbee yang akan menerima data dari pengirim, kemudian mikrokontroller akan mengolah data yang telah diterima. Jika data yang diperoleh sesuai, maka mikrokontroller akan mengendalikan driver motor yang mengatur arah gerak motor DC di palang pintu.

Dengan dibuatnya Proyek Akhir ini telah dihasilkan sebuah palang pintu otomatis yang akan terbuka jika bus transjakarta akan melewati jalur busway. Palang pintu ini dapat terbuka pada saat bus transjakarta berjarak 180 meter dari palang pintu. Kemudian palang pintu akan tertutup ketika sensor ultrasonik mendeteksi bus yang berjarak kurang dari 2 meter. Dengan demikian sistem palang pintu otomatis bus transjakarta ini mampu menjadi solusi atas ketidakdisiplinan para pengemudi di jalan raya yang melewati jalur bus transjakarta.Kata Kunci : Bus transjakarta, RF zigbee, Mikrokontroler, Motor listrik DC.ABSTRACT: TransJakarta is a bus rapid transport system built to overcome traffic congestion in Jakarta City. TransJakarta has private lane that cannot be passed by another vehicle. However, due to lack of supervision, TransJakarta lane often entered by private vehicle that not is way, so the TransJakarta lane get traffic congestion. Based on the problems i have an idea to create an automatic gate system that will placed on TransJakarta bus lane. The automatic gate system only open if the TransJakarta bus will pass through the lines, but not for other vehicles.

At this final project I have design and realize an automatic gate system on TransJakarta bus lane. This automatic gate system uses the transmitter device that installed in TransJakarta bus, and the receiver device will be placed on the doorstop to detect Transjakarta bus. On the transmitter device have microcontroller and zigbee to transmit data that contains code. While on the receiver device have zigbee and microcontroller to receive data from the transmitter device. Then the microcontroller will process the data that has been received. If the corresponding data obtained, the microcontroller will give instruction the motor driver to manage the direction of motion of DC motor on the doorstop.

With this final project have the result an automatic gate system that will be open if the TransJakarta bus will pass the line. This automatic gate system can be opened at the time of TransJakarta bus about 180 meters from the doorstop. Then the automatic gate system will be closed when the ultrasonic sensor detects that the bus is less than 2 meters. So this automatic gate system could be a solution on the indiscipline of drivers on the highway that passes through TransJakarta bus lane.Keyword: TransJakarta Bus, ZigBee RF, Microcontroller, DC electric motor.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PALANG PINTU OTOMATIS BUS TRANSJAKARTA DENGAN RF ZIGBEE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZIKRI KHOIRUDDIN
Perorangan
Mas Sarwoko Suraatmadja, Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini