Perancangan dan Realisasi Otomatisasi Sistem Pencahayaan Lapnagan Futsal Berbasi Mikrokontroller dengan Sensor PIR

Rizki Rizano Bunai

Informasi Dasar

611090077
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini futsal telah mendunia dan sudah menjadi konsumsi berbagai usia dan kalangan karena futsal tidak memandang tua muda ataupun kaya miskin semua melebur menjadi satu disini. Futsal dapat dimainkan pada siang ataupun malam. Namun untuk mengadakan pertandingan di malam hari, kita memerlukan sistem instalasi penerangan yang baik. Saat ini untuk dapat menyalakan sistem penerangan yang ada, masih menggunakan saklar. Dalam hal ini, sistem lampu penerangan konvensional pada kebanyakan lapangan futsal ketika diadakan pertandingan malam biasanya setelah selesai pertandingan, lampu lapangannya dibiarkan tetap menyala. Hal ini membuat pemakaian listrik untuk penerangan lapangan futsal sangat boros dan tidak efisien dikarenakan memakai daya yang tidak sedikit untuk dapat menerangi setiap sudut lapangan.

Dalam proyek akhir ini telah direalisasikan suatu sistem otomatisasi yang terintegrasi dengan sistem pencahayaan lapangan futsal yang ada, yaitu dengan teknologi. Pada pintu lapangan futsal diinstal peranti yang dapat mendeteksi adanya keberadaan manusia ketika melewati pintu lapangan futsal yang disebut sensor PIR (Passive Infrared Receiver). Sensor PIR ini akan aktif ketika ada suatu objek yang memiliki pancaran pasif melewatinya yaitu manusia. Sistem pencahayaan ini akan menyala secara otomatis dengan sendirinya setelah sensor PIR mendeteksi minimal enam orang di dalam lapangan, kemudian sensor PIR yang terhubung dengan mikrokontroller akan menaikkan jumlah data sesuai jumlah orang yang berada di dalam lapangan minimal ada enam orang atau lebih sesuai dengan peraturan futsal Internasional dan mengaktifkan relay sehingga sistem penerangan lampu futsal menyala.

Perancangan dan realisasi sistem otomatisasi sistem pencahayaan lapangan futsal prototipe ini dapat menjadi solusi untuk pengguanaan daya yang digunakan dapat lebih efektif dan efisien.Kata Kunci : Futsal, Malam, Mikrokontroler, sensor PIR.ABSTRACT: Currently, futsal has worldwide and has become food for all ages and the young parents futsal not look rich or poor all merge into one here. Futsal can be played on the day or night. But to hold the match in the evening, we need a good lighting system installation. Currently, to be able to turn the existing lighting system, still using the switch. In this case, conventional lighting systems in most indoor soccer field when the game was usually held after the completion of the game, field lights are left on. This makes the use of electricity for lighting futsal very wasteful and inefficient due to the use of power that does little to illuminate every corner of the field.

In this final project has realized an integrated automation system with a futsal field lighting system, that is with technology. At the door of futsal field installed devices that can detect human presence when passing the door sensor futsal called PIR (Passive Infrared Receiver). PIR Sensor is active when there is an object that has a passive aura through the man. The lighting system will be turned on automatically by itself after PIR sensor detects at least six people in the field, then the PIR sensor is connected to the microcontroller will counter up data according to the number of people who are in the field a minimum of six people or more in accordance with applicable International futsal and activate the relay that turns futsal lamp lighting system.

The design and realization of automation systems futsal field lighting system prototype can be a solution for the power used more effectively and efficientlyKeyword: Futsal, Night, Microcontroller, PIR sensors

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Otomatisasi Sistem Pencahayaan Lapnagan Futsal Berbasi Mikrokontroller dengan Sensor PIR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizki Rizano Bunai
Perorangan
Sarwoko, Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini