PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PORTAL WEB UNTUK PEMESANAN DAN PENJUALAN BARANG PADA GALERI SENI

Shanny Dorothea

Informasi Dasar

611081034
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Indonesia terkenal dengan beragam jenis kesenian dan kebudayaan yang tersebar diseantero nusantara. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya jumlah seniman atau budayawan, toko atau galeri seni, dan tingginya minat masyarakat untuk membeli atau memilikinya. Barang seni sendiri merupakan jenis komoditas ekspor Indonesia yang terbesar setelah tekstil, furniture, dan migas. Akan tetapi, untuk mengekspor, mempromosikan, dan menjual barang seni keluar negeri memerlukan modal usaha yang cukup besar dan resiko yang tinggi, sehingga masih banyak toko atau galeri seni, yang sebagian besar masih berjenis usaha kecil dan menengah (UKM) dan bahkan sebagian lainnya hanya berupa kelompok seniman yang tidak memikirkan sisi promosi dan penjualan dengan seksama, tidak mampu untuk mempromosikan dan menjual barang produksinya diluar negeri walaupun kualitas produksinya sangatlah tinggi.

Oleh karena itu, dibutuhkan rancangan portal web untuk pemesanan dan penjualan barang di galeri seni untuk mempermudah promosi dan penjualan barang di galeri seni. Selain itu, dengan menggunakan portal web sebagai media promosi dan penjualan, galeri seni juga dapat meraih pasar internasional dan melakukan ekspor yang efektif dengan resiko yang kecil karena langsung menyesuaikan dengan permintaan pelanggan luar negeri melalui fitur pemesanan dan pembelian didalam portal web. Dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai Database centre , website ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan dengan tidak mengurangi peran serta pengrajin seni yang ada sehingga website ini dapat di implementasikan.

Setelah melakukan beberapa pengujian dan implementasi, didapatkan beberapa kesimpulan diantaranya : Website ini memiliki manfaat yang cukup baik dari segi si pembeli ataupun penjual, serta website ini memiliki tampilan yang lengkap dan memudahkan user untuk memesan dan membeli barang seni, dan cukup mudah untuk diakses. Hal ini berdasarkan pengujian Fungsional, pengujian Subjektif, dan pengujian kecepatan akses yang telah dilakukan sebelumnya.

Kata Kunci : Aplikasi, web portal, Seni, DatabaseABSTRACT: Indonesia is famous for its variety of arts and culture scattered archipelago. It can be seen from the large number of artists or cultural, stores or art galleries, and high public interest to purchase or own it. Art itself is kind of Indonesia’s largest export commodity after textile, furniture, oil and gas. However, to export, promote, and sell art abroad requires substantial capital and the risk is high, so there are still many stores or art galleries, most of which are type of small and medium enterprises (SMEs) and an even more simply form a group of artists who do not think the promotion and sale carefully, not being able to promote and sell their production overseas despite very high production quality.

Therefore, the required design web portal for booking and sale of goods in the art gallery to facilitate the promotion and sale of goods in the art gallery. In addition, by using a web portal as a media promotion and sales, art galleries can now reach international markets and exporting effective with less risk due directly to adjust to customer demand abroad through ordering and purchasing features within the web portal. By using PHP as the programming language and MySQL as the database center, the website is designed to meet the needs and without prejudice to the role of the existing art craftsmen so that the website can be implemented.

After doing some testing and implementation, obtained several conclusions including: websites have considerable benefits in terms of both the buyer or the seller, and the website has a complete view and allows users to order and purchase art, and quite easy to access. It is based on functional testing, Subjective testing, and testing speed of access that has been done before.

Keyword: Application , web portal, Art, Database

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PORTAL WEB UNTUK PEMESANAN DAN PENJUALAN BARANG PADA GALERI SENI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Shanny Dorothea
Perorangan
Asep Mulyana, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini