REALISASI DIGITAL TRANSISTOR TESTER BERBASIS MIKROKONTROLER

KIKI HERY SANDY

Informasi Dasar

611070134
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Transistor merupakan komponen penting dalam rangkaian elektronika. Hampir semua rangkaian elektronika memakai transistor. Dengan ditemukannya transistor, rangkaian elektronika yang dulu berukuran besar, kini ukurannya menjadi lebih kecil. Permasalahan yang sering timbul dalam transistor adalah rentan terhadap kerusakan dan sulit untuk mengetahui jenis dari transistor tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui kondisi dan jenis transistor yaitu dengan mengecek secara manual menggunakan multitester. Pengecekan menggunakan multitester ini harus melalui beberapa tahapan atau prosedur tertentu.

Pada proyek akhir ini dirancang dan direalisasikan digital transistor tester berupa rangkaian yang dihubungkan dengan socket untuk kaki-kaki transistor, sehingga transistor ini bisa dipasang dan dicabut. Kemudian data akan diproses oleh mikrokontroler dan untuk output akan ditampilkan di LCD.

Alat ini diaplikasikan agar proses pengecekan jenis transistor dan nilai beta (β) menggunakan digital transistor tester ini lebih cepat dan praktis daripada menggunakan cara manual menggunakan multimeter.

Kata Kunci : transistor, digital tester, mikrokontrolerABSTRACT: Transistor is an important component in electronic circuit. Almost all circuits use this kind of electronic transistors. The previous electronic circuits which are big in size are now becoming smaller because of the invention of transistors. However, they are easily damaged and it is hard to identify its kind. One way to identify the kinds and conditions of the transistor is by manual check using multitester. To checking of the transistor use multitester must though several stages or certain procedures.

Digital transistor tester is designed and established in this last project. This digital transistor tester is in the form of a circuit which is connected with a socket for the transistor feet so that it can be plugged and unplugged. The data then will be processed by a micro-controller and the output will be shown in a display.

This device is applied in order to accelerate the process of checking the kinds of transistor and the beta values and to make it more practical than using multimeter manual checking.Keyword: transistor, digital tester, microcontroller

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

REALISASI DIGITAL TRANSISTOR TESTER BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KIKI HERY SANDY
Perorangan
Sarwoko, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini