Perancangan dan Realisasi Antena Mikrostrip Ring Sirkular Wilayah Frekuensi 9370 MHz - 9430 MHz untuk Radar Maritim

Ima ermawati

Informasi Dasar

611070102
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Radar merupakan sistem gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat pemetaan dari benda-benda seperti pesawat terbang, kapal laut, kendaraan bermotor dan informasi cuaca. Gelombang radio yang dipancarkan dari suatu benda dapat ditangkap oleh radar, kemudian dianalisa untuk mengetahui lokasi dan jenis benda tersebut. Radar menggunakan spektrum gelombang elektromagnetik pada rentang frekuensi 300 MHz hingga 30 GHz. Daerah jangkauan radar dapat ditentukan dari daya pancar, bandwidth, propagasi sinyal, penguatan antena, polarisasi antena dan beamwidth.

Antena merupakan bagian dari sistem radar yang sangat diperlukan sebagai transformator pada media udara. Untuk itu diperlukan suatu antena yang memiliki design compact, berukuran kecil, bandwidth yang lebar serta dapat memenuhi frekuensi operasi dari sistem radar. Antena ini diharapkan dapat bekerja dengan baik untuk aplikasi radar maritim yang bekerja pada wilayah frekuensi 9370 – 9430 MHz.

Pada proyek akhir ini dirancang dan direalisasikan antena mikrostrip ring sirkular pada daerah kerja 9370 MHz- 9430 MHz menggunakan bahan dielektrik duroid 5880. Dalam perancangan antena ini digunakan software Ansoft sebagai simulator. Parameter-parameter yang dianalisa adalah gain, pola radiasi, impedansi input, dan VSWR. Dari hasil simulasi kita dapat menganalisa bahwa untuk mendapatkan karakteristik antena yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan yaitu VSWR ≤1,5 sangat dipengaruhi oleh dimensi patch ring sirkular dan saluran pencatu.

Kata Kunci : mikrostrip ring sirkular, radar maritimABSTRACT: Radar is electromagnetic wave system that used to detection, distance measuring, and mapping object like plane, ship, vehicle and weather information. Radio wave that radiated by an object can be captured by radar, then analyzed to known the location and kind of the object. Radar use electromagnetic wave spectrum in range frequency 300 MHz to 30 GHz. Radar reach zone can be defined from power beam, bandwidth, propagation signal, gain, polarization and beam width.

Antenna is a part of radar system that needed as transformer in the air media. Antenna that having compact design, small size, large bandwidth, and could fulfill the operate frequency in radar was necessary. This antenna should be work to radar maritime application in frequency range 9370 MHz – 9430 MHz.

In this final project was planning and realized microstrip ring circular antenna in range frequency 9370 MHz – 9430 MHz used duroid 5880 as dielectric. Ansoft software was used to plan this antenna. Parameters that analyzed are gain, radiation pattern, input impedance, polarization, and VSWR. From the simulation we could analyzed that to got the proper main characteristic of antenna that matched with the desire of specification that is VSWR ≤1,5 was influence by circular ring patch dimension and feeding line.

Keyword: ring circular microstrip, radar maritime

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Antena Mikrostrip Ring Sirkular Wilayah Frekuensi 9370 MHz - 9430 MHz untuk Radar Maritim
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ima ermawati
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini