Pendeteksian dan Perbaikan Citra Medis Termanipulasi yang Disisipi Reversible Watermark menggunakan Modifikasi LSB dan Kompresi Huffman

Putri Nailatul Faoziyah

Informasi Dasar

113090077
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Citra medis merupakan sebuah objek yang dapat membantu dokter untuk mendiagnosa pasien. tentu saja hasil diagnosa yang diinginkan dari adanya citra medis ini adalah hasil yang akurat. Terdapat dua hal penting pada citra medis yaitu keaslian citra dan otoritas kepemilikan. Dengan dua hal ini, diharapkan keakuratan citra medis untuk membantu mendiagnosis pasien menjadi lebih tinggi. Namun, seiring dengan berkembang pesatnya teknologi pada saat ini, seringkali terdapat pihak-pihak yang melakukan manipulasi terhadap citra medis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Hal tersebut dapat membahayakan pasien. oleh karena itu, dibutuhkan solusi konkrit untuk melindungi keaslian dari suatu citra dari usaha manipulasi citra. Watermarking citra digital merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk melindungi citra medis dari usaha manipulasi tersebut.
Dengan menyisipkan watermark, pendeteksian terhadap lokasi dari citra medis yang termanipulasi dapat dideteksi oleh sistem ini. Selain itu, citra medis yang termanipulasi juga dapat diperbaiki hingga mendekati citra aslinya dengan menyisipkan ekstraksi ciri berupa intensitas rata-rata dari blok-blok citra.
Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan pendeteksian terhadap serangan manipulasi citra dan perbaikan manipulasi pada bagian ROI menggunakan watermarking terhadap modifikasi LSB. Selain itu, dilakukan juga reversible watermarking dengan menggunakan metode kompresi Huffman untuk menyisipkan LSB asli dari citra ke bagian RONI citra. Kedua bagian ROI maupun RONI dibagi dengan batas yang jelas.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem watermarking ini mampu mendeteksi serangan yang dilakukan dengan akurasi mencapai 100%. Selain itu sistem juga mampu melakukan perbaikan terhadap citra termanipulasi dengan akurasi recovery hingga 98% untuk beberapa serangan.Kata Kunci : citra medis, deteksi manipulasi, perbaikan citra, reversible, watermarking, modifikasi LSB, Huffman.ABSTRACT: Medical image is an object that can help a doctor to diagnose the patient. Of course, the desired outcome of the diagnosis of medical images is an accurate result. There are two important issues in medical image, the authenticity and ownership of the image. With these two things considered, the accuracy of medical images to help in diagnosing patients is expected to be higher. However, with the rapid growth of technology today, there are often parties trying to manipulate the medical image by utilizing existing technology sophistication. It can be dangerous for patients. therefore, it takes a concrete solution to protect the authenticity of an image from the image manipulation efforts. Watermarking digital image is one solution that can be used to protect medical images from manipulation efforts
By inserting a watermark, the location of medical image manipulation can be detected by the system. In addition, the manipulated image can also be recovered near to its original state by inserting an average intensity of the image blocks.
In this final project, there are detection in image manipulating attacks and image recovery in ROI using watermark toward LSB modifications . In addition, there are reversible watermarking using Huffman’s compression method to insert image’s original LSB into image’s RONI.
The experimental results show that this watermarking system can detect and localize any tampering with up to 100% accuracy. This watermarking scheme can also perform image recovery on manipulated images with up to 98% recovery rate.Keyword: medical image, tamper detection, recovery, reversible, watermarking, LSB Modification, Huffman.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Pendeteksian dan Perbaikan Citra Medis Termanipulasi yang Disisipi Reversible Watermark menggunakan Modifikasi LSB dan Kompresi Huffman
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Putri Nailatul Faoziyah
Perorangan
Adiwijaya, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini