Analisis dan Implementasi Algoritma genetika pada Watermarking Citra dalam Domain Discrete Wavelet Transform Menggunakan Haar Wavelet

Brain Konasara Balaka

Informasi Dasar

113060287
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada Tugas akhir ini, dilakukan proses optimasi pada watermarking citra yang menggunakan domain transform DWT sebagai tempat penyisipan watermark. Proses optimasi menggunakan algoritma genetika yang sudah sering digunakan untuk memecahkan masalah optimasi. Performansi yang dioptimasi adalah invisibility dan robustness. Sedangkan parameter yang akan dicari oleh algoritma genetika adalah posisi penyisipan watermarking dan watermark amplification factor.

Berdasarkan implementasi sistem yang dibangun, algoritma genetika dapat menghasilkan watermarking dengan performansi invisibility dan robustness yang tinggi secara simultan. Pengevaluasian lebih dari satu citra yang meliputi beragam tingkatan kontras, yang dilakukan pada perhitungan fitness menyebabkan hasil yang baik juga didapatkan oleh citra-citra uji lainnya. Berdasarkan hasil pengujian, parameter yang dinilai menghasilkan performansi optimum yaitu subband LH1HH2 untuk posisi penyisipan watermark, serta nilai watermark amplification factor 3,60.

Kata Kunci : Watermarking, Discrete Wavelet Transform, Algoritma Genetika, Optimasi, Robustness, Invisibility.ABSTRACT: In this final project, optimizing process is implemented on watermarking in DWT transform domain as the environment of watermark penyisipan. The optimation process will use genetic algorithm which has widely been used to solve optimization problem. The performances which will be optimized are invisibility and robustness. Whereareas, the parameters that will be searched by the genetic algorithm are the watermark embedding position and watermark amplification factor.

Based on the implementation of the built system, genetic algorithm can provide watermarking with invisibility and robustness performance that is high simultaniously. The evaluating process which involve images in different classes of contrast, which is done in fitness computation provide similiar result for watermarking performances in almost all the test images. Based on the testing, the parameters that are asessed by the system to provide optimal performance are LH1HH2 subband for the postion of the watermark embedding parameter, and 3.60 for the watermark amplification factor parameter.Keyword: Watermarking, Discrete Wavelet Transform, Genetic Algorithm, Optimization, Robustness, Invisibility.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Algoritma genetika pada Watermarking Citra dalam Domain Discrete Wavelet Transform Menggunakan Haar Wavelet
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Brain Konasara Balaka
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Sriyani Violina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini