PERANCANGAN DAN REALISASI BALUN ANTENA MIKROSTRIP SPIRAL ARCHIMEDEAN PADA FREKUENSI ULTRA WIDE BAND (UWB) 2-18 GHz UNTUK APLIKASI RADAR MARITIM

Muhammad Catur Saifudin

Informasi Dasar

111118005
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem pengawasan tepi pantai menjadi hal yang sangat urgent saat ini, mengingat semakin banyak kejahatan di tepi pantai, maka dibutuhkan sistem pengwasan dengan menggunakan radar. Radar menggunakan antena spiral archimedean sebagai receiver, hal ini biasa diistilahkan dengan radar pasif. Radar pasif ini bekerja tanpa menggunakan transmitter, sehingga tidak perlu alokasi frekuensi dan bekerja pada pita frekuensi yang lebar. Penggunaan antena ini menyelesaikan satu masalah, tetapi memunculkan dua permasalahan yang baru; pertama yaitu adanya arus yang tidak diinginkan mengalir di bagian luar kabel koaksial dan yang kedua adalah besar impedansi kabel coaxial dengan antena spiral archimedean tidaklah sama, dan jika komunikasi ini dipaksakan maka akan terjadi perubahan pola radiasi antena dan juga miss-match. Maka dibutuhkan sebuah balun, balanced-unbalanced untuk menghilangkan arus yang tidak diinginkan tersebut dan menyepadankan unbalanced (kabel koaksial) dengan bagian balanced (antena spiral archimedean)

Dalam tugas akhir ini telah dirancang dan direalisasikan suatu balun pita lebar antena mikrostrip spiral Archimedean yang diaplikasikan untuk antena penerima pada sistem radar pasif maritim. Dengan menggunakan metode tapered balun, balun ini digunakan untuk mengkonversi impedansi dari 50 ohm ke 188 ohm pada frekuensi 2-18 GHz. Selain itu, dalam Tugas Akhir ini juga dilakukan 4 skenario untuk mendapatkan hasil perancangan terbaik.

Dari hasil perancangan dan pengukuran, didapatkan hasil perancangan dengan spesifikasi VSWR < 2, Return Loss < -10 dB, dan pada rentang frekuensi 2-18 GHz. Metode tapered balun yang digunakan adalah 1:12, pada panjang substrat 80mm, dan lebar ground dua kali lebar patch dengan modifikasi lebar pada w’11 dan w’12.
Kata Kunci : Balun, UWB, antena mikrostrip spiral Archimedean, tapered balunABSTRACT: Beach monitoring system become something urgent now, it’s because many crimes at the side of beach, so it’s needed monitoring system with Radar. Radar use spiral archimedean antenna as receiver, passive radar work without using transmitter, so it doesn’t need frequency allocated, that’s why passive radar use ultra wide band. But, there are two problems, the first is appearing current at the outer of coaxcial cable, and the second is different impedance between antenna spiral archimedean and common coaxial cable, if this condition is forced, it will cause miss-match and of course persuading the performance of balun. So, it’s needed balun (balunced-unbalanced) to solve the problems, eliminating current at the outer coaxial cable and make equivalent between antenna and coaxial cable.

This Final Task has been designed and realized a balun for Ultra Wide Band (UWB) microstrip spiral archimedean antenna which applied for receiver antenna at passive radar system. With using tapered balun methode, this balun is used to convert impedance from 50 Ω to 188 Ω. In this final task has been done 4 scenarios to get the best design.


From the design and realization, has been get design result with specifications VSWR < 2, Return Loss < -10 dB, and for frequency 2-18 GHz. Tapered balun methode which used is 1:12, at the length of substrat is 80 mm, and width of ground is 2X width of patch with modification at w’11 and w’12.
Keyword: Balun, UWB, microstrip spiral archimedean antenna, tapered balun

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI BALUN ANTENA MIKROSTRIP SPIRAL ARCHIMEDEAN PADA FREKUENSI ULTRA WIDE BAND (UWB) 2-18 GHz UNTUK APLIKASI RADAR MARITIM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Catur Saifudin
Perorangan
Budi Prasetya, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini