Simulasi dan Analisis Non-Blind Watermarking pada Objek Digital 3D Berbasis Transformasi Lazy Wavelet

Munawar Chalil

Informasi Dasar

111091016
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Era komunikasi bebas seperti saat ini proses pengiriman dan penerimaan file digital mudah untuk dilakukan, sehingga memberikan peluang terhadap aktifitas duplikasi file yang dilakukan secara ilegal, oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk mengamankan file digital. Teknik watermarking dapat dilakukan untuk memberikan pengakuan kepemilikan terhadap suatu karya. Watermarking sudah umum dilakukan pada file video, audio dan citra digital.

Tugas akhir ini merancang teknik watermarking pada file digital untuk objek 3D. Dengan menggunakan metode lazy wavelet dalam melakukan proses dekomposisi objek sehingga dihasilkan nilai koefisien wavelet yang selanjutnya akan dimodifikasi untuk disisipkan informasi. Proses ini memanfaatkan software Matlab R2011b.

Hasil yang diperoleh adalah suatu objek digital 3D yang telah disisipi informasi, dengan nilai MSE yang mendekati nol serta informasi dapat diekstak kembali pada objek 3D yang mengalami serangan geometris seperti rotasi, translasi dan scaling. Informasi yang disisipkan diperoleh dengan melakukan perbandingan rasio wavelet antara objek 3D yang telah disisipi informasi dengan objek 3D asli yang belum disisipi informasi. Jumlah karakter informasi yang disisipkan tidak mempengaruhi perubahan ukuran file objek 3D secara signifikan.Kata Kunci : watermarking, lazy wavelet, subdivision¸surface objectABSTRACT: Nowadays, communication era is limitless. It’s easy to send and receive file, so it gives opportunity in illegal activity as piracy of file. So it’s need mechanism to protecting file. Watermarking can be applied to embed ownership information in some creation. Watermarking is commonly used by digital file, such as image, music or audio also video.

This final project will create a technique to embed watermark in file digital 3D. Using Lazy Wavelet transform that decompose the object 3D then we will get wavelet coefficient that will modified in insertion process. The process is doing by MATLAB R2011b.

The result is watermarked 3D object with small value of MSE and information can be extract even the 3D object is given geometrical attack such as translation, rotation and scaling. The watermarked information can be get by comparing ratio of wavelet coefficient between watermarked object and original object. Length of watermarked information doesn’t affect nothing to size file of 3D object.Keyword: watermarking, lazy wavelet, subdivision¸surface object

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Simulasi dan Analisis Non-Blind Watermarking pada Objek Digital 3D Berbasis Transformasi Lazy Wavelet
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Munawar Chalil
Perorangan
Bambang Hidayat, Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini