PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIKROSTRIP BENTUK PATCH RECTANGULAR PADA FREKUENSI S-BAND 3000 MHZ

Kadek Benny Permana Putra

Informasi Dasar

111071114
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dimana jalur perhubungan antar wilayah Indonesia didominasi oleh transportasi laut. Sebuah sistim navigasi yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang padatnya aktivitas transportasi laut Indonesia. Teknologi radar pengawas memungkinkan untuk dapat memonitor aktivitas pelayaran yang berlangsung di perairan Indonesia. S-Band merupakan salah satu frekuensi yang ditetapkan ITU untuk keperluan radar pengawas pantai. Adapun frekuensi S-Band yang digunakan untuk radar pengawas adalah 3 GHz. Antena merupakan komponen penting dalam sistim teknologi radar.

Antena mikrostrip merupakan antena berbentuk board yang memiliki lapisan patch, substract dan ground yang mampu bekerja pada frekuensi tinggi. Antena susunan atau antena array ialah antena yang terdiri dari susunan antena yang isotropis yang menimbulkan terkoreksinya diagram arah dan fasa dari antena isotropis tersebut. rectangular patch merupakan teknik patching yang berbentuk persegi

Perancangan antena ini akan memiliki frekuensi 3 Ghz dengan gain yang dicapai sebesar 10 dB sesuai dengan cakupan teknologi radar tersebut. Antena ini merupakan antena mikrostrip dengan patch rectangular yang disusun dengan metoda array. Metode array digunakan untuk meningkatkan besaran gain yang akan dihasilkan. Penerapan teknologi radar frekuensi S-band pada pengawas pantai merupakan terobosan baru dan akan diterapkan pada sistim komunikasi radar yang telah ada.Kata Kunci : antena mikrostrip, array, isotropis, rectangular patch, S-BandABSTRACT: Indonesia is an archipelago country where the interisland transportation way is dominated by sea and water transportations. A massive navigation system is needed to solve the high traffic of sea transportation activity in Indonesia. S-Band is one of band frequency which is established by ITU for Sea Radar Surveillance. S-Band frequency which is used for radar surveillance is 3 GHz. An Antenna is important component in Radar Technology System.

Microstrip Antenna is a board shaped antenna which has patch layer, subtract and ground. Those can work in high frequency. Array Antenna is an antenna that built on arrangement of isotropic antenna. That antenna could correct the phase and axial ratio from that isotropic antenna. Rectangular patch is a squared shape patching technique.

This designed antenna will have 3 GHz frequency with 10 dB Gain likely rectangular patch that arranged with array method. Array method is used for increasing gain value that will produce. Implementation of S-Band frequency radar technology into sea surveillance is a huge innovation through and will applied in existed radar communication system.Keyword: microstrip antenna, array, Isotropic, Rectangular patch, S-Band

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIKROSTRIP BENTUK PATCH RECTANGULAR PADA FREKUENSI S-BAND 3000 MHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kadek Benny Permana Putra
Perorangan
Budi Prasetya, DR Yuyu Wahyu Ir
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini