Aplikasi Logika Fuzzy, Edisi 2

Sari Kusamadewi, Hari Purnomo

Informasi Dasar

14.01.9892
006.3
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
4

Logika fuzzy sebagai salah satu komponen dari soft computing, telah banyak diaplikasikan di berbagai bidang kehidupan. Salah satu aplikasi terpentingnya adalah untuk membantu manusia dalam melakukan pengambilan keputusan. Aplikasi logika fuzzy untuk pendukung keputusan ini semakin diperlukan tatkala semakin banyak kondisi yang menuntut adanya keputusan yang tidak hanya bisa dijawab dengan ?Ya? atau ?Tidak?. Hal ini muncul sebagai akibat dari adanya ketidakpastian yang menyertai data yang diterima atau informasi sebagai hasil pengolahan data. Buku yang berjudul Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan ini mencoba untuk membantu para pembaca dalam memperluas wawasan tentang penggunaan logika fuzzy untuk pengambilan keputusan dengan uraian dan bahasan beberapa metode langkah demi langkah. Buku ini terdiri-dari 8 bab, yaitu:

Pendahuluan; berisi himpunan fuzzy dan operasi-operasinya.

  • Fuzzy Inference System; berisi metode-metode untuk melakukan inferensi fuzzy, antara lain Metode Tsukamoto, Metode Mamdani, dan Metode Sugeno.

  • Fuzzy Clustering; berisi Metode Fuzzy C-Means, Metode Subtractive Clustering, dan membentuk FIS dengan Fuzzy Subtractive Clustering.

  • Fuzzy Database; berisi basisdata fuzzy dengan Model Tahani, dan Model Umano.

  • Fuzzy Quantification Theory; berisi metode untuk mengendalikan data-data kualitatif dengan menggunakan teori himpunan fuzzy, meliputi Fuzzy Quantification Theory I & II.

  • Fuzzy Associative Memory (FAM); berisi pemetaan pasangan himpunan fuzzy.

  • Fuzzy Linear Programming; berisi penyelesaian linear pogramming dengan batasan fuzzy, dan fuzzy multiobjective linear programming.

  • Fuzzy Integer Transportation Problem; berisi penyelesaian integer transportation problem dengan batasan fuzzy

Setiap metode pada buku ini dibahas dengan contoh penghitungan langkah demi langkah dan disertai dengan beberapa kasus yang berhubungan dengan pengambilan keputusan. Ada sekitar 23 kasus dan beberapa contoh yang menyertai buku ini. Dipandang dari sisi komputasi, buku ini sangat cocok digunakan bagi yang sedang berkecimpung di bidang Informatika. Sedangkan apabila ditinjau dari sisi kasus-kasus dan analisis yang disajikan, buku ini akan sangat cocok bagi yang sedang mendalami Teknik Industri, atau Manajemen.

Subjek

Soft computing
NEURAL NETWORKS, FUZZY SYSTEMS

Katalog

Aplikasi Logika Fuzzy, Edisi 2
978-979-756-632-6
xi, 452p.: il.; 23cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Sari Kusamadewi, Hari Purnomo
Perorangan
 
 

Penerbit

Graha Ilmu
Yogyakarta
2013

Koleksi

Kompetensi

  • CS3143 - INTELEGENSIA ARTIFISIAL DAN SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini