Peningkatan Performa Cache Menggunakan Sentralitas Untuk Alokasi Penyimpanan Cache Dan Modifikasi Least Recently Used-Leave Copy Down Di Named Data Networking - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RASHID MUHAMMAD FAJRI

Informasi Dasar

24.04.1144
621.319 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

In-Network-Caching merupakan salah satu fitur utama Named Data Networking (NDN). Mekanisme ini sangat bergantung pada kapasitas penyimpanan router NDN dan mekanisme penyebaran konten di jaringan NDN sehingga perlu adanya peningkatan untuk memenuhi kebutuhan jaringan yang semakin meningkat. Uniform merupakan distribusi untuk memberikan kapasitas CS ke semua router NDN dengan kapasitas yang sama, namun mekanisme ini mengabaikan perbedaan pentingnya node dalam jaringan serta Leave Copy Down (LCD) memiliki mekanisme penyebaran konten yang lambat. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh Least Recently Used (LRU) yang tidak memiliki mekanisme pergantian konten berdasarkan popularitasnya.

Pada capstone design ini mengusulkan peningkatan performa dari cache policy dengan penentuan cache router menggunakan setralitas dan memberikan alokasi kapasitas CS pada cache router yang terpilih. Serta dengan mempercepat penyebaran konten dengan cara broadcast diharapkan dapat memenuhi permintaan konten user dengan cepat. Disisi lain dengan menentukan popularitas konten pada router NDN juga dapat membantu meningkatkan kepuasan pengguna karena konten yang diinginkan akan terus berada pada cache router. Simulator icarus akan digunakan untuk mengevaluasi performa cache policy yang diusulkan dengan melihat beberapa parameter dari Quality of Service (QoS) seperti cache hit ratio (CHR), latency dan link load.

Hasil pengujian cache policy yang diusulkan dapat meningkatkan performa cache policy pada jaringan NDN. Pada topologi WIDE cache policy yang diusulkan dapat meningkatkan CHR 10 %, menurunkan latency 6.5 ms dari uniform-lcd-lru. Sedangkan pada topologi NSFNET CHR meningkat 5% dan menurunkan latency 2.7 ms dari uniform-lcd-lru. Pada hasil link load internal cache policy yang diusulkan memiliki load yang lebih besar pada kedua topologi karena setiap request user dilayani oleh cache router tanpa harus diteruskan ke server. Hasil tersebut didukung dengan nilai link load external lebih rendah dikedua topologi. Hasil ini membuktikan link yang mengarah ke server memiliki load yang lebih kecil dari cache policy lain.

Kata kunci : Cache Storage Allocation, Cache Placement, Cache Replacement, Named Data Networking.

Subjek

COMMUNICATIONS NETWORK ARCHITECTURE
 

Katalog

Peningkatan Performa Cache Menggunakan Sentralitas Untuk Alokasi Penyimpanan Cache Dan Modifikasi Least Recently Used-Leave Copy Down Di Named Data Networking - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
INDONSEIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RASHID MUHAMMAD FAJRI
Perorangan
Ridha Muldina Negara, Ratna Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4G3 - ADAPTIVE NETWORK
  • TTI2J3 - JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  • TTI4T3 - MODEL DAN SIMULASI
  • TTI2F2 - PEMROGRAMAN PYTHON
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini