Perancangan Dan Implementasi Image Enhancement Plat Nomor Kendaraan Dengan Membandingkan Metode SRCNN Dan VDSR - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RAZZAQ ALFALAQ ISLAMUDDIN

Informasi Dasar

24.04.987
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kendaraan merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan di seluruh Indonesia. Plat nomor kendaraan adalah tanda identitas kendaraan bermotor di Indonesia, terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Setiap daerah memiliki kode karakter plat nomor kendaraan yang berbeda. Saat ini, pemerintah telah menerapkan sistem tilang elektronik untuk kendaraan di Indonesia, sehingga diperlukan suatu sistem yang mampu mendeteksi tilang elektronik tersebut.

Pada Tugas Akhir ini, dikembangkan sebuah sistem yang dapat membaca plat kendaraan, khususnya kendaraan. Metode yang digunakan adalah Super Resolution Convolutional Neural Network (SRCNN) untuk meningkatkan akurasi pengenalan plat nomor kendaraan, serta Very Deep Super-Resolution (VDSR) guna mengeksplorasi peningkatan kinerja Super Resolution dengan peningkatan kedalaman jaringan.

Dataset yang digunakan berasal dari diskominfo kota Malang dan terdiri dari 950 citra plat kendaraan. Hasil akhir menunjukkan bahwa metode VDSR, menggunakan optimizer Adam dan aktivator ReLU untuk layer konvolusi, mendapatkan nilai PSNR sebesar 39,756 dB dan MSE sebesar 0,001. Sementara itu, metode SRCNN dengan parameter yang sama mendapatkan nilai PSNR sebesar 37,329 dB dan MSE sebesar 0,001. Berdasarkan pengujian pada dataset, dapat disimpulkan bahwa metode VDSR unggul jika dibandingkan dengan pengujian training menggunakan dataset Set14. Hasil tersebut menunjukkan bahwa VDSR mampu melakukan rekonstruksi gambar super resolusi dengan baik.

 

Kata kunci : Image enhancement, Super Resolution Convotional  Neural Network, Very Deep Super-Resolution

 

Subjek

IMAGE PROCEESING
 

Katalog

Perancangan Dan Implementasi Image Enhancement Plat Nomor Kendaraan Dengan Membandingkan Metode SRCNN Dan VDSR - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAZZAQ ALFALAQ ISLAMUDDIN
Perorangan
Irma Safitri, Syamsul Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini