PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, PRICE DISCOUNT DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA SHOPEE LIVE SHOPPING - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HELDA WIDYARANI LUTVIARI

Informasi Dasar

24.04.539
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada tahun 2019 Shopee meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan penjualan yang terbukti dalam riset yang dilakukan Ginee bahwa pesanan saat sesi Shopee live shopping meningkat hingga tiga kali lipat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fitryan, et al (2021) menyebutkan bahwa peilaku konsumen yang melakukan pembelian pada Shopee live shopping bersifat irasional yang disebut impulse buying. Berdasarkan fenomena-fenomena yang ditemukan pada sosial media menunjukkan bahwa konsumen menonton Shopee live shopping saat waktu luang, perilaku impulse buying konsumen saat menonton Shopee live shopping didorong karena adanya voucher diskon dan produk-produk yang dipilih saat check out produk kebanyakan adalah kategori fashion.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh shopping lifestyle, price discount dan fashion involvement terhadap impulse buying pada Shopee live shopping secara parsial, dan (2) pengaruh shopping lifestyle, price discount dan fashion involvement terhadap impulse buying pada Shopee live shopping secara simultan.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakakan metode survei dengan jumlah sampel 186 responden seorang pengguna Shopee live shopping.

            Hasil dari penelitian ini adalah: secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel shopping lifestyle terhadap variabel impulse buying, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel price discount terhadap variabel impulse buying, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel fashion involvement terhadap variabel impulse buying. Secara simultan shopping lifestyle, price discount dan fashion involvement secara bersama-sama mempengaruhi variabel impulse buying (berdasarkan hasil uji F). Sementara itu, uji determinan menunjukkan hasil 38,2% sehingga dapat disimpulkan bahwa Shopping Lifestyle, Price Discount dan Fashion Involvement terhadap impulse buying memiliki pengaruh sebesar 38,2% dan proporsi sisanya 61,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

 

Subjek

DIGITAL MARKETING
LIFE STYLE,

Katalog

PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, PRICE DISCOUNT DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA SHOPEE LIVE SHOPPING - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HELDA WIDYARANI LUTVIARI
Perorangan
Aditya Wardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini